Katalog

Cara Mengambil Bagian Teks di Excel (Langkah demi Langkah)

Juli 31, 2023 725 views

Data Excel adalah kombinasi dari string alfanumerik, dan mengambil substring membuat analisis dan manipulasi data menjadi mudah serta membersihkan data yang tidak konsisten atau terlihat berantakan.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang kompatibel untuk hampir semua versi komputer. Dari puluhan cara berbeda untuk mengambil substring, kami hadirkan 4 metode mudah dari Excel.

1. Gunakan fungsi LEFT, RIGHT, dan MID

Excel memiliki ribuan fungsi yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan. Berikut adalah tiga fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengekstrak subteks.

Fungsi LEFT memungkinkan Anda mengekstrak jumlah karakter yang ditentukan dari sisi kiri dari sebuah teks. Sintaksnya adalah sebagai berikut: LEFT(teks, jumlah_karakter).

Fungsi RIGHT memungkinkan Anda mengekstrak jumlah karakter yang ditentukan dari sisi kanan dari sebuah teks. Sintaksnya adalah RIGHT(teks, jumlah_karakter).

Fungsi MID mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari tengah sebuah teks. Sintaksnya adalah: MID(teks, posisi_awal, jumlah_karakter).

Langkah-langkah untuk mengekstrak subteks di Excel:

Langkah 1: Anggap Anda memiliki lembar Excel dengan detail karyawan seperti nama, nomor, dan lokasi.

Langkah 2: Anda ingin mengekstrak hanya nama depan dari karyawan-karyawan ini, maka gunakan rumus berikut.

"=LEFT(A2,4)" akan memilih kolom A2 dan empat huruf pertama mulai dari sisi kiri.

substring excel

Langkah 3: Ini akan memberikan hasil berikut yang menunjukkan nama depan (empat karakter pertama) dari setiap nama karyawan.

substring excel menggunakan Fungsi LEFT

Langkah 4: Demikian pula, dengan menggunakan fungsi RIGHT, kita dapat mengekstrak nama belakang karyawan.

Langkah 5: Kita akan menggunakan rumus "=RIGHT(A2,4)", menghasilkan hasil berikut.

substring excel dari sisi kanan

Langkah 6: Ini akan memberikan hasil berikut yang menunjukkan nama depan (empat karakter pertama mulai dari sisi kanan) dari setiap nama karyawan.

Langkah 7: Dengan menggunakan fungsi MID, kita akan mengekstrak nomor karyawan. Anggap saja empat angka di tengah menunjukkan ID karyawan dalam contoh kita.

Langkah 8: Untuk mengekstrak ID karyawan, gunakan rumus "=MID(B2,4,4)". Kolom B dimulai dari karakter ke-4 dan memilih empat karakter berikutnya.

substring excel menggunakan fungsi MID

Anda dapat menggunakan rumus ini untuk data apa pun; dengan memberikan parameter yang benar, Anda akan mendapatkan teks atau angka yang diinginkan yang diekstrak.

Keuntungan

  • Mudah dimanipulasi

  • Kompatibel dengan semua versi Excel

  • Efisien dan menghemat waktu

Kekurangan

  • Tidak tersedia untuk operasi kompleks

  • Kurangnya pembaruan dinamis

2. Gunakan fungsi TRIM

Fungsi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengekstrak Substring di Excel adalah fungsi Trim.

Fungsi ini biasanya digunakan untuk menghilangkan spasi tambahan dari teks, terutama spasi di depan dan belakang.

Ini bermanfaat untuk membersihkan data ketika dicopy dari aplikasi lain. Fungsi ini hanya dapat menghapus karakter spasi ASCII (32) dari teks.

Langkah-langkah penggunaan fungsi TRIM:

Langkah 1: Anggaplah kita memiliki data yang diambil dari sumber eksternal. Data ini berisi nama-nama dan memiliki spasi yang tidak konsisten.

Langkah 2: Dengan menggunakan fungsi TRIM, kita akan menghapus semua spasi tambahan yang tidak diperlukan.

Fungsi TRIM excel substring

Langkah 3: Fungsi ini digunakan sebagai '=TRIM(A4)', di mana A4 menunjukkan referensi kolom. Ini adalah cara mudah untuk menghapus data yang tidak penting dan mengekstrak data sebenarnya.

Langkah 4: Mari kita gunakan fungsi yang sama pada data alfanumerik dengan spasi yang tidak rata.

Fungsi TRIM substring excel

Langkah 5: Semua spasi tambahan antara data telah dihapus, dan Anda mendapatkan data yang konsisten.

Kelebihan

  • Mudah digunakan

  • Praktis

  • Didukung secara luas

Kekurangan

  • Tidak dapat mengubah sel langsung

  • Memakan waktu

3. Menggunakan fungsi MID dan FIND

Fungsi MID dan FIND sangat berguna dalam Excel untuk memanipulasi dan mengekstrak substring dari teks.

Proses MID menghapus sejumlah karakter tertentu dari sebuah teks, dimulai dari posisi yang ditentukan. Sebaliknya, fungsi FIND menentukan posisi dari karakter atau teks tertentu dalam teks lain.

Tutorial di bawah ini menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan fungsi-fungsi ini untuk mengekstrak Substring di Excel.

Langkah 1: Anggaplah kita memiliki lembar Excel dengan nama depan dan nama belakang siswa. Kita ingin mengekstrak hanya nama belakang dari para siswa ini menggunakan fungsi Mid dan Find.

Langkah 2: Kita akan menggunakan rumus berikut, "=MID(B2,FIND(" ",B2),100)". Dalam rumus ini, fungsi MID mencari teks di B2 dan memulai substring dari karakter pertama, di mana fungsi pencarian mengambil lokasi spasi dan mengembalikan nilai bilangan bulat.

fungsi MID substring Excel

Langkah 3: Ini akan memberikan output berupa nama belakang setiap siswa hingga 100 karakter.

fungsi FIND substring Excel

Kelebihan

  • Penggunaan yang fleksibel

  • Penempatan yang dapat disesuaikan

  • Ekstraksi yang akurat

Kekurangan

  • Membuat rumit

  • Kompleksitas untuk ekstraksi dinamis

4. Gunakan Flash Fill

Flash Fill adalah fitur yang sangat baik di Excel yang secara otomatis mengisi nilai dalam sebuah kolom berdasarkan pola yang dikenali di kolom sebelahnya.

Penggunaannya mudah, menghemat waktu, dan bertujuan untuk mengotomatiskan tugas entri dan manipulasi data, mengurangi kebutuhan input manual.

Langkah-langkah menggunakan Flash Fill

Langkah 1: Misalkan Anda memiliki lembar Excel yang berisi data acak dan ingin mengekstraksi data yang bermakna seperti angka spesifik, nama, alamat email, dan lainnya.

Langkah 2: Dalam kasus kami, data memiliki nilai alfanumerik, dan kami ingin mengekstraksi hanya diskon. Jadi, kami akan memberikan nilai numerik yang dibutuhkan di kolom pertama sebagai input.

Langkah 3: Kemudian pergi ke Tab Data, klik Flash Fill, atau tekan CTRL + E pada keyboard Anda. Ini akan secara otomatis memberikan nilai numerik dari data.

excel substring Flash Fill

Langkah 4: Sekarang kami ingin mengekstraksi nilai alfabetik sebagai output. Cukup masukkan abjad, dan itu akan memberikan hasil yang dibutuhkan.

excel substring antara karakter

Langkah 5: Anda juga dapat memberikan input dalam format tertentu, dan itu akan mengubah data seluruh kolom. Sebagai contoh, jika saya memiliki data yang sama dalam bentuk gabungan dan harus memformatnya. Saya hanya akan memberikan input di kolom pertama dan kemudian tekan CTRL + E, dan saya akan mendapatkan hasil di seluruh kolom saya.

Flash Fill excel substring

Langkah 6: Demikian pula, jika saya ingin mengubah nama-nama ini menjadi alamat email, saya hanya perlu memasukkan nama pertama dengan alamat email, dan Flash Fill akan melakukan sisanya.

excel substring pemformatan

Kelebihan

  • Mengeluarkan data secara otomatis

  • Menggabungkan data secara otomatis

  • Mendukung pembaruan dinamis

  • Tampilan pratinjau visual

Kekurangan

  • Masalah ketelitian pada data desimal

  • Batasan Pengenalan Pola

FAQ tentang substring

P: Bisakah saya mengekstrak beberapa sub-string sekaligus di Excel?

Ya, Anda dapat mengekstrak beberapa sub-string sekaligus di Excel menggunakan rumus atau fungsi seperti MID, LEFT, RIGHT, atau alat manipulasi teks seperti Flash Fill.

P: Bagaimana cara mengekstrak sub-string setelah karakteristik tertentu di JavaScript?

Anda dapat menggunakan metode substring atau slice pada JavaScript untuk mengekstrak sub-string setelah karakter atau pola tertentu.

P: Bagaimana cara mengekstrak angka dari sebuah string di Excel?

Anda dapat menggunakan kombinasi fungsi MID, FIND, dan ISNUMBER di Excel untuk mengekstrak angka dari sebuah string.

Ringkasan

Mengekstraksi subteks dalam Excel diperlukan untuk membersihkan data yang berantakan dan sampah. Selain itu, ini membuat analisis dan manipulasi data menjadi mudah, serta menghemat waktu. Anda dapat menggunakan fungsi bawaan Excel seperti Kiri, Tengah, Kanan, Flash Fill, dan Cari untuk mengekstraksi subteks yang diinginkan. Biasanya, fungsi-fungsi ini akan membantu Anda mengekstraksi subteks; kecuali jika data Anda sangat besar, Anda dapat mengandalkan fungsi-fungsi ini.

Jika Anda merasa fungsi-fungsi ini rumit atau tidak nyaman menggunakan rumus, Anda dapat mencoba alat lain seperti WPS Office, yang memiliki alat Spreadsheet yang kuat yang akan memudahkan Anda dalam mengekstraksi subteks. Cobalah WPS Office sekali, dan Anda tidak akan menyesal dengan keputusan Anda.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.