Katalog

5 Cara Mudah Memasukkan Kotak Centang di Word

Juli 31, 2023 3.9K views

Kotak centang dalam Word atau WPS Office sangat penting. Anda dapat mengisi kotak centang interaktif, dan yang non-interaktif dapat dicetak dan digunakan untuk pengisian data atau penandaan manual.

Meskipun sangat berguna, penambahan kotak centang dalam Word mungkin terasa rumit bagi pengguna. Anda harus mengikuti proses yang berbeda untuk memasukkan kotak centang saat bekerja dengan berbagai perangkat lunak, yang dapat membatasi produktivitas kerja Anda.

Oleh karena itu, panduan ini akan menjelajahi secara detail "Cara memasukkan kotak centang dalam 5 cara mudah."

Cara Memasukkan Kotak Centang dalam Word dengan Tombol Formulir

Kotak centang memungkinkan representasi yang jelas untuk opsi ya/tidak atau benar/salah yang singkat. Dalam cara berikut, Anda dapat memasukkan kotak centang di Word melalui WPS Office dengan menggunakan Tombol Formulir.Anda harus membuka WPS Office dan dokumen Anda yang membutuhkan kotak centang untuk mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Pergi ke "Sisipkan" di toolbar

pergi ke Sisipkan

Di menu drop-down "Sisipkan" pada toolbar, Anda akan melihat "Formulir" ketika Anda pergi ke ujung kanan atau akan menjadi yang terakhir pada menu drop-down jika Anda memiliki tampilan drop-down vertikal.

Langkah 2: Pilih "Formulir" pada menu drop-down Sisipkan

klik Formulir

Ketika Anda mengklik "Formulir", menu drop-down lainnya akan muncul di layar Anda untuk dipilih.

Langkah 3: Pergi ke "Kotak Centang dari Bidang" pada menu drop-down Formulir

klik kotak centang dari bidang

Ketika Anda mengklik kotak centang formulir, kotak centang akan muncul di dokumen Word Anda pada WPS Office.

Sekarang setelah Anda menempatkan kotak centang di halaman Word, Anda harus mengatur kotak centang atau kotak-kotak centang tersebut.

Berikut adalah cara Anda dapat mengatur kotak centang.

Langkah 1: Klik dua kali kotak centang untuk membuka menu lainnya

menu drop-down untuk mengatur kotak centang

Menu yang mirip dengan yang ditampilkan pada gambar di atas akan muncul di layar Word Anda ketika Anda mengklik dua kali kotak centang yang telah Anda masukkan pada halaman Word Anda di WPS Office.

Langkah 2: Lakukan perubahan yang Anda perlukan

menu drop-down untuk mengatur kotak centang

Anda dapat mengubah ukuran kotak centang, memberi tanda atau mengisi kotak centang. Menu ini akan memengaruhi kotak centang dan apa yang ingin Anda masukkan di dalamnya. Anda dapat memberi tanda centang atau silang atau melakukan peng.

Cara Memasukkan Kotak Centang ke dalam Word dengan Tombol Simbol

Cara memasukkan kotak centang ke dalam Word dengan tombol simbol mudah dipahami melalui gambar-gambar di bawah ini. Ini adalah proses yang sederhana dan hanya membutuhkan beberapa detik waktu Anda untuk memasukkan kotak centang ke dalam dokumen Word jika dilakukan dengan cara yang benar.

Langkah-langkah:

Langkah 1: Pergi ke tombol Simbol di toolbar dokumen Word Anda.

Klik tombol 'pergi ke simbol

Tombol simbol dalam Dokumen WPS Office digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis simbol yang digunakan untuk dokumen. Simbol-simbol ini terkait dengan matematika, aljabar, dan bahkan simbol umum seperti kotak centang.

Langkah 2: Menu tarik-turun simbol akan menampilkan banyak simbol. Pilih kotak centang dan klik padanya.

Klik pada kotak centang untuk memilih simbol ini

Ini adalah cara mudah untuk menyisipkan kotak centang ke dalam dokumen Word, namun, satu kekurangan dari metode ini adalah Anda tidak dapat mengubah atau menyesuaikan ukuran dan memasukkan detail seperti yang dapat Anda lakukan pada kotak centang yang ditambahkan di Word melalui tombol Formulir.

Cara Menyisipkan Kotak Centang di Word Menggunakan Tab Pengembang

Metode ini hanya berlaku untuk MS Office Word. Dengan menggunakan tab Pengembang, Anda dapat menyisipkan kotak centang di Dokumen Word hanya dengan mengedit di MS Word dan tidak di platform lain seperti WPS atau Google Docs, dll.

Anda dapat menambahkan kotak centang dan juga mengedit kotak centang dengan menggunakan alat yang sama pada toolbar.

Langkah-langkah:

Langkah 1: Pergi ke "File" pada toolbar.

Pergi ke file di toolbar

Langkah 2: Pergi ke "Opsi".

Pergi ke opsi

Ketika Anda mengklik "File", menu tarik-turun akan terbuka. Kemudian pergi ke "Opsi".

Langkah 3: Saat Anda memilih "Opsi", kotak dialog akan terbuka. Pergi ke "Sesuaikan Pita" di kotak dialog tersebut.

Pergi ke sesuaikan pita

Langkah 4: Pada "Tab Utama", Klik Pengembang untuk mengaktifkannya di toolbar Anda.

Klik pada pengembang di Tab Utama

Pergi ke Tab Utama dan pilih Pengembang untuk menambahkan pengembang ke toolbar Anda.

Langkah 5: Klik "OK" dan Anda akan melihat "Pengembang" pada pita halaman Word Anda.

Klik pada pengembang di Tab Utama

Langkah 6: Sekarang klik "Pengembang" dan tambahkan kotak centang ke Word Anda.

Klik pada kotak centang untuk menyisipkan kotak centang

Di tab Pengembang pada pita, pergi ke bagian kontrol dan klik kotak centang untuk menyisipkan kotak centang ke dokumen Word Anda.

Anda juga dapat mengedit kotak centang dengan mengklik kotak centang tersebut. Anda juga dapat mengubah ukuran, bentuk, centang, dll pada kotak centang Anda.

Klik pada kotak centang untuk mengkustomisasi

Klik "Properti" di Bagian "Kontrol" pada tab "Pengembang" pada pita. Di "Properti," Anda akan dapat mengkustomisasi sepenuhnya kotak centang sesuai dengan pilihan, preferensi, atau kebutuhan Anda.

Pergi ke properti untuk mengkustomisasi kotak centang

Cara Menyisipkan Kotak Centang di Word dengan Tombol Bullet

Anda dapat mempelajari cara menyisipkan kotak centang di Word dengan tombol bullet, yang akan berguna di MS Word dan WPS Office.

Langkah-langkah:

Langkah 1: Pada dokumen Word atau WPS Office Anda, klik ikon peluru di pita.

Pergi ke peluru di pita

Langkah 2: Anda dapat mengkustomisasi peluru dan mengubahnya menjadi kotak centang untuk dicetak dan digunakan sebagai daftar tugas, formulir survei, atau bentuk lainnya.

Kustomisasi peluru untuk digunakan sebagai kotak centang

Langkah 3: Anda dapat memilih simbol apa pun dalam karakter peluru yang akan digunakan sebagai kotak centang di dokumen Word Anda.

Pilih kotak kosong atau simbol apa pun untuk kotak centang

Pergi ke Windings2 di font dan di sana Anda dapat menemukan beberapa kotak centang yang dapat dipilih.

wingdings 2

Ini adalah metode yang bagus ketika Anda membutuhkan beberapa simbol yang digunakan sebagai kotak centang atau membuat daftar yang perlu dicentang. Namun, ini bukan untuk kotak centang yang dapat diklik. Anda tidak dapat mengubah ukuran atau font kotak centang. Jadi, ini adalah pilihan yang baik untuk formulir yang dapat dicetak, tetapi bukan untuk survei online atau dokumen yang memerlukan umpan balik melalui daftar cek.

Cara Menyisipkan Kotak Centang di Word Online

Ini adalah metode terbaik untuk Google Docs atau dokumen online. Metode ini tidak berguna untuk dokumen selain dokumen online. Kotak centang akan hilang jika Anda mengubah dokumen dari dokumen online menjadi dokumen yang diunduh atau Word.

Ketika Anda pergi ke Google Docs dan memilih dokumen baru, Anda dapat menerapkan kotak centang dari pita toolbar di bagian atas.

Pilih kotak centang dari peluru

Google Docs menyediakan opsi kotak centang di bawah peluru. Anda dapat memilih dan menyisipkan kotak centang ke dokumen Anda dari sana.

Cara Menghapus Kotak Centang di Word

Jika Anda perlu menghapus kotak centang dari dokumen Word Anda, berikut adalah cara menghapusnya.

Jika Anda tidak ingin data atau kotak centang tersebut, tempatkan kursor di depan kotak centang dan tekan tombol backspace, itu akan menghapus kotak centang dan kemudian Anda dapat menekan simpan untuk menyimpan suntingan yang telah Anda buat pada dokumen Word atau WPS Anda.

Gunakan WPS Office untuk Menyisipkan Kotak Centang, Ini Alasannya

Anda sebaiknya mempertimbangkan menginstal atau mengunduh WPS Office dengan beberapa alasan. Anda akan menyederhanakan dokumentasi kantor Anda melalui aplikasi Office sederhana ini.

  • Anda dapat menyisipkan kotak centang ke dokumen Word dalam tiga langkah mudah yang kompatibel dengan Word.

  • Menyisipkan kotak centang di Word melalui Bullet

  • Menyisipkan kotak centang di Word melalui tombol Simbol

  • Menyisipkan Kotak Centang di Word melalui tombol Formulir

  • WPS dapat diunduh secara gratis dan Anda dapat mencoba versi uji coba gratis untuk fungsi-fungsi canggih. Anda dapat membeli keunggulan dan alat-alat premium dari Perangkat Lunak WPS Office setelah Anda mencoba betapa mudahnya melakukan pekerjaan Anda dan Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam hitungan menit, berkat proses yang mudah dan alat-alat yang mudah digunakan dari WPS Office.

  • WPS kompatibel dengan Windows, MAC, Linux, dan beberapa alat online lainnya termasuk MS Office. Anda dapat mengedit PDF, dokumen Word, dll di WPS Office.

  • WPS Office menyediakan fitur-fitur yang relatif lebih produktif dan efisien.

  • WPS sama mudahnya dengan MS Word. Anda akan menemukan banyak kesamaan antara kedua program tersebut, jadi tidak akan sulit untuk menggunakan WPS Office jika Anda sudah familiar dengan MS Office.

FAQs:

Q1: Apakah ukuran dan bentuk kotak centang dapat dikustomisasi?

A1: Ya, ukuran dan bentuk kotak centang dapat dikustomisasi melalui beberapa metode. Tidak semua metode dapat diklik, jadi tidak setiap metode akan memberikan opsi yang dapat disesuaikan. Metode-metode yang memungkinkan Anda mengubah ukuran adalah:

  • Menyisipkan kotak centang di Word dengan Bullets

  • Menyisipkan kotak centang di Word dengan simbol

  • Menyisipkan kotak centang di Word dengan Formulir

Kata Penutup:

Anda sekarang telah belajar cara menyisipkan kotak centang di Word. Ada lima metode yang mudah dan cepat melalui yang dapat Anda sisipkan kotak centang yang dapat diklik dan tidak dapat diklik ke dokumen Anda. Tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda, Anda dapat memilih metode apa pun yang dibahas di atas, mulai dari menambahkan kotak centang dengan formulir hingga menambahkan kotak centang ke dokumen online, semua situasi telah disebutkan.

WPS Office adalah program yang hebat jika Anda harus menyisipkan kotak centang ke Word untuk dokumen yang dapat dicetak atau bahkan untuk dokumen Word normal yang perlu diklik di komputer. WPS Office akan memudahkan pengeditan dan penyisipan kotak centang bagi Anda.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.