Katalog

Bagaimana Cara Membandingkan Dua Kolom di Excel (3 Langkah Mudah)

Juli 31, 2023 1.2K views

Baik Anda seorang akuntan atau seorang pengusaha yang bekerja dengan analisis data, Anda akan merasa perlu membandingkan beberapa kolom di Excel untuk menemukan perbedaan yang dapat membantu. Membandingkan beberapa kolom secara manual di Excel dapat menjadi sangat sulit dan memakan waktu berjam-jam, yang pada akhirnya dapat mengurangi efisiensi kerja Anda.Itulah mengapa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengadopsi cara otomatis. Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi tertentu untuk mencapainya. Di bawah ini dalam artikel ini, kami akan menjelaskan 3 cara teratas untuk melakukannya. Lanjutkan membaca untuk mengetahuinya.

Itulah mengapa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengadopsi cara otomatis. Anda dapat menggunakan rumus dan fungsi tertentu untuk mencapainya. Di bawah dalam artikel ini, kami akan menjelaskan 3 cara teratas untuk melakukannya. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara 1. Menggunakan Pemformatan Kondisional di Excel

1. Lebih Besar Dari

In 2Di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi lebih besar dari untuk membandingkan kolom menggunakan operator logika. Operator lebih besar dari ">" menghasilkan "BENAR" jika nilai dalam satu sel lebih besar dari nilai dalam sel lainnya dan "SALAH" jika sebaliknya.

Untuk membandingkan dua kolom dan mendapatkan hasilnya di kolom ketiga, Anda dapat menggunakan kombinasi fungsi JIKA dan operator lebih besar dari. Ikuti langkah-langkah rinci berikut ini untuk melakukannya:

Langkah-langkah

  • Buka lembar kerja Excel di komputer Anda dan masukkan nilai-nilai yang ingin Anda tambahkan ke lembar tersebut. Sebagai contoh, anggaplah Anda ingin membuat lembar Excel berdasarkan persentase kehadiran karyawan.

    Lembaran Microsoft Excel untuk Windows dengan empat kolom data

  • Pilih kolom yang spesifik dan pergi ke tab Beranda di Excel. Di sana Anda akan melihat opsi pemformatan kondisional yang dropdown-nya akan membawa Anda ke fungsi-fungsi. Yang pertama adalah fungsi lebih besar dari yang digunakan untuk membandingkan dua atau lebih kolom. Pilihlah itu.

Langkah-langkah memilih kolom di lembaran Microsoft Excel pada Windows

  • Kemudian Anda dapat menuliskan rentang sel tempat Anda ingin menambahkan nilai yang ingin diambil oleh program dari kolom tersebut. Anda juga akan dapat memilih gaya pemformatan dan penyorotan sel pada kolom G jika nilainya lebih besar dari nilai pada kolom F.

    Lembaran Microsoft Excel di PC dengan kotak dialog khusus untuk membandingkan data kolom

  • Lalu, kamu bisa mengatur format sel pada kolom yang sesuai dengan aturan kondisional kolom sebelumnya.

  • Sekarang klik OK. Pemformatan dan fungsi akan diterapkan pada nilai kolom sel yang kamu inginkan.

2. Untuk Nilai-Nilai yang Sama

Saat membandingkan dua kolom Excel untuk nilai-nilai yang sama, kamu mencari kejadian di mana nilai yang sama muncul di kedua kolom. Dengan kata lain, kamu ingin mengidentifikasi nilai-nilai yang diduplikasi di Kolom A dan Kolom B.

Untuk mencapai hal ini, kamu bisa menggunakan fungsi bawaan Excel, seperti COUNTIF atau Pemformatan Kondisional. Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah rinci dengan gambar untuk melakukan fungsi ini pada nilai-nilai yang sama.

Langkah-langkah

  • Buka file di lembar kerja Excel di mana kamu memiliki setidaknya dua kolom data dengan persentase kehadiran karyawan. Kita perlu mencari karyawan yang memiliki kehadiran yang sama antara kolom F dan kolom G.

  • Pilih kedua kolom tersebut dan pergi ke tab "Beranda" di mana kamu akan menemukan opsi "Pemformatan Kondisional". Dengan memperluas opsi ini, kamu akan menemukan "Aturan Pemformatan Sel" dan setelah opsi ini, pilih "nilai-nilai duplikat".

Dua kolom metadata dipilih di lembaran Microsoft Excel

  • Kamu akan diminta untuk memilih opsi pemformatan yang perlu kamu terapkan dan kondisi yang ingin kamu pilih pada rentang sel yang ingin diformat sesuai dengan aturan kondisional yang ditentukan. (Duplikat dalam hal ini)

memilih nilai duplikat di jendela lembaran Microsoft Excel

  • Setelah kamu menerapkan pemformatan dan mengklik OK, kamu akan melihat bahwa sel-sel yang serupa akan ditandai dengan warna yang kamu pilih untuk pemformatan.

Cara 2. Menggunakan Operator Sama Dengan

Seperti yang kamu lakukan dalam metode di atas untuk mencari kata-kata duplikat, kamu harus menggunakan operator sama dengan untuk mencari kata-kata yang serupa dalam dua kolom. Ini juga merupakan proses membandingkan dua kolom, jadi mari kita lihat apa yang termasuk dalam langkah-langkahnya.

Semua langkah yang termasuk dalam proses ini sama seperti yang disebutkan di atas, kecuali kamu harus memilih "unik" dari daftar drop-down sebagai gantinya "duplikat".

Kotak baru pada lembaran MS Excel untuk memilih opsi perbandingan unik

Cara 3. Menggunakan Fungsi Vlookup (untuk Pencocokan)

Fungsi VLOOKUP adalah fungsi yang paling mudah untuk membandingkan nilai-nilai dua kolom dan kamu bisa menggunakannya dengan mudah untuk contoh di atas. Ia merupakan singkatan dari "Vertical Lookup" dan digunakan untuk mencari nilai dalam kolom terkiri dari suatu tabel dan mengambil nilai yang sesuai dari kolom yang ditentukan di baris yang sama.

Fungsi ini bisa menjadi yang terbaik untuk membandingkan dua kolom terutama ketika kamu berurusan dengan bidang teks dari dua kolom.

Langkah-langkah

  • Buka lembar Excel yang sama seperti yang kamu gunakan dalam cara-cara di atas untuk membandingkan dua kolom. Kamu sudah memiliki dua kolom dengan persentase kehadiran yang berbeda dari karyawan di sebuah perusahaan.

  • Rumus Vlookup akan memungkinkan kamu untuk menemukan nilai tertentu dari satu kolom di kolom kedua. Untuk melakukannya, kamu harus mengetik rumus di salah satu sel lembar Excel.

Secara sederhana, fungsi VLOOKUP akan menyatakan pola kueri berikut:

=VLOOKUP (sel yang ingin kamu cari, di mana mencari nilai ini, nomor kolom dalam rentang, pencocokan mendekati atau tepat dari frasa 1/BENAR atau 0/SALAH).

Contoh Formula detail menggunakan potongan kode VLOOKUP yang ditunjukkan dengan panah merah

  • Setelah kamu mengetik rumus tersebut di bilah alamat, tekan ENTER dan nilai yang cocok dengan nilai mana pun di kolom kedua akan muncul. Setelah menekan ENTER, hasilnya akan ditampilkan di bilah formula. Ini adalah nilai yang ada di kolom pertama serta kolom kedua.

Jendela yang menampilkan hasil dari fungsi VLOOKUP di Excel”

Alternatif Gratis untuk Microsoft Office

Jika kamu merasa kesulitan dalam memformat sel di Microsoft Excel atau PC kamu tidak memiliki cukup ruang penyimpanan di disk, semua masalah tersebut memiliki solusi yang sama, yaitu menggunakan WPS Office Suite sebagai pengganti Microsoft Office.

WPS Office adalah paket lengkap yang mencakup editor Word, pembuat dan editor Spreadsheet, pembuat Presentasi, dan editor PDF. Semua program ini memiliki penggunaan sendiri dan dapat digunakan untuk tugas sehari-hari di kantor maupun selama belajar. Bagian terbaiknya adalah perangkat lunak ini benar-benar gratis digunakan dengan fungsionalitas yang sama dengan MS Office.


Keunggulan WPS Office

  • Cara mudah untuk mengedit dan berbagi file dokumen

  • Alat perangkat lunak komprehensif untuk mengolah semua format dokumen

  • Antarmuka dan langkah-langkah yang intuitif

  • Sinkronisasi dan penyimpanan cloud

  • Fitur aksesibilitas yang sangat baik

  • Kompatibel dengan berbagai platform dan perangkat

  • Penggunaan gratis untuk sebagian besar fitur canggih

FAQs

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghapus semua tanda centang dari sebuah workbook Microsoft Excel sekaligus?

Berikut adalah panduan langkah demi langkah singkat untuk menghapus semua tanda centang di sebuah workbook Microsoft Excel:

  1. Tekan Ctrl + A untuk memilih semua sel dalam workbook

  2. Klik kanan pada salah satu sel yang dipilih, dan dari menu konteks, pilih "Format Sel."

  3. Buka kotak dialog opsi Format Sel dan pilih tab "Angka."

  4. Pilih "Kustom" dari daftar Kategori di sebelah kiri.

  5. Pada kolom "Tipe," hapus kode format yang ada dan gantikan dengan tanda pagar (#) tunggal.

  6. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membandingkan kolom-kolom di Google Sheets?

Metode membandingkan kolom-kolom di Google Sheets cukup mirip dengan di MS Excel. Kamu bisa menggunakan Pemformatan Kondisional, Operator Sama Dengan, atau Fungsi Vlookup untuk membandingkan kolom-kolom di Google Sheets.

Kamu juga bisa menggunakan fungsi IF untuk membandingkan nilai kolom di Google Sheets. Fungsi ini digunakan untuk menunjukkan nilai-nilai yang sama dalam dua kolom dan untuk mencari kesamaan dalam teks di dalam satu lembar Excel.

Pikiran Akhir

Pada paragraf di atas, kami telah menyebutkan 3 hingga 4 cara untuk membandingkan dua atau lebih sel di Microsoft Excel. Ini termasuk menggunakan pemformatan kondisional, operator sama dengan, atau fungsi Vlookup di lembar Excel. Semua cara ini memiliki manfaat dan penggunaannya sendiri dan dapat digunakan dalam kondisi yang berbeda untuk membandingkan dua atau lebih sel di Microsoft Excel.

Namun, jika kamu tidak memiliki cukup ruang di PC atau tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli langganan MS Office, ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti lembar MS Excel. Alternatif terbaik dari semuanya adalah WPS Office. WPS adalah Suite Office lengkap dengan semua fungsionalitas dan fitur yang sama, dan yang lebih menarik lagi, gratis digunakan.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.