Katalog

Bagaimana Membuat Tabel Data di Excel (Langkah demi Langkah)

Juli 31, 2023 1.0K views

Untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, orang tertarik untuk mengetahui cara menggunakan tabel data di Excel. Tabel data meningkatkan efisiensi analisis data. Tetapi, masalahnya adalah orang tidak tahu bagaimana membuat tabel data dan menggunakan rumusnya dengan cepat dan efisien.

Jadi, mereka ingin tahu bagaimana menggunakan tabel data di Excel. Setelah membaca blog ini, Anda akan menemukan beberapa cara untuk memahami cara menggunakan kata-kata.

Apa itu tabel data

Tabel data dirancang untuk menyimpan dan mengorganisir informasi. Informasi diatur dalam bentuk baris dan kolom. Tabel data merupakan pilihan terbaik untuk mengatur data yang luas dengan efisien. Mereka juga memberikan cara yang efisien dan nyaman untuk mengorganisir data Anda, dan Anda dapat dengan mudah mencari, menyaring, mengurutkan, dan melakukan perhitungan pada tabel data.

Cara membuat tabel data

Langkah-langkah untuk membuat tabel data

1. Langkah pertama adalah klik pada "tabel" di tab sisipkan.

Klik pada tabel

2. Langkah kedua adalah pilih rentang data dan centang opsi Tabel saya memiliki header.

Centang pada Tabel saya memiliki header

3. Langkah ketiga adalah membuat tabel.

Membuat tabel

4. After creating the table, you can choose the style from the table tools. WPS spreadsheet gives you a large number of built-in templates with different types of styles and colors.

Click on the table tools

Bagaimana cara membuat tabel data Excel yang lebih rumit?

Jika Anda ingin membuat tabel data Excel yang lebih rumit, Anda dapat melihat contoh di bawah ini untuk memahami pembuatan tabel data kompleks.

Misalkan Anda harus menghitung total tahunan dan pembayaran bunga pada contoh pertama. Hal ini akan ditemukan berdasarkan pokok pinjaman, tingkat bunga, dan periode. Anda dapat menyiapkan fungsi pinjaman di Excel dengan menggunakan tab rumus dan tabel yang Anda buat untuk menempatkan entri Anda di sel-sel.

Rincian pinjaman

Demikian pula, contoh kedua memiliki tabel data satu variabel dan beberapa variabel. Pada tabel data ini, Anda dapat menyisipkan kedua tabel di Excel. Ini berarti Anda dapat memilih nilai apa pun dari tabel untuk diuji. Jika Anda mengubah nilai apa pun dari tabel, Anda dapat melihat perubahan dalam nilai pembayaran Anda.

Nilai suku bunga

Cara membuat tabel dengan subkategori

1. Langkah pertama adalah pilih rentang sel untuk data tabel Anda.

Pilih rentang sel

2. Langkah kedua adalah masuk ke dialog pop-up, centang "Konstan," dan klik "Pergi Ke."

Centang pada konstan

3. Langkah ketiga adalah menetapkan nama perusahaan pada baris teratas tabel Anda sebagai judul.

Baris teratas tabel Anda

4. Pada langkah berikutnya, Anda harus mengklik "tab rumus," klik "Buat," dan kemudian pilih "Baris teratas" dalam dialog pop-up.

Klik pada rumus dan centang baris teratas

5. Pada langkah kelima, Anda harus mengklik "Pengelola Nama" untuk memeriksa nama-nama untuk semua rentang sel yang dipilih.

Klik pada Pengelola Nama

6. Pada langkah berikutnya, sisipkan daftar drop-down level 1 sebelum membuat subkategori. Untuk ini, Anda harus memilih kolom perusahaan, klik tab "Data," klik "Validasi," pilih "Daftar" di area diizinkan, pilih "Rentang sel," dan kemudian klik "Ok." Kemudian Anda dapat memilih perusahaan dengan bebas.

Klik pada daftar

7. Demikian pula, pilih Kolom karyawan dan lakukan prosedur sebelumnya. Klik "Validasi," pilih "Daftar," dan masukkan fungsi referensi INDIRECT di area sumber.

Area sumber

8. Pada langkah berikutnya, Anda tahu bahwa pilihan level 2 sesuai dengan daftar level 1; Anda perlu merujuk opsi satu dengan mengklik sel.

Pilihan daftar

9. Anda perlu tahu bahwa area referensi default bersifat absolut. Jadi Anda perlu memasukkan (=INDIRECT$A2 di sini) di area sumber.

Masukkan di area sumber

Cara Menggunakan Tabel Pivot di Excel

Saat menganalisis data kompleks, Anda dapat menggunakan tabel pivot. Ini membantu Anda menganalisis, merangkum, mengorganisir, dan membandingkan pola dan tren dalam data Anda. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan tabel pivot, Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk membuat tabel pivot - panduan langkah demi langkah untuk menggunakan dan membuka tabel pivot dalam data Anda.

1. Langkah pertama adalah membuka file di mana Anda ingin menambahkan tabel pivot. Anda juga dapat menggunakan tombol pintas Alt+D+P.

Freeoffice Download

2. Kemudian Anda harus menyebutkan sel-sel di mana Anda ingin menambahkan tabel pivot. Kemudian klik tombol panah di sisi kanan bidang.

Klik pada opsi Range

3. Kemudian Anda harus menempatkan kursor di sel pertama tabel data Anda dan kemudian seret diagonal ke akhir tabel. Anda dapat melihat bahwa sel-sel tersebut disebutkan di bilah bidang yang mengambang.

Rentang data

4. Tekan enter untuk melihat rentang sel di bidang.

Pilih fitur Range di tabel pivot

5. Kemudian, Anda harus mengaktifkan tabel pivot di bagian berikutnya.

Tabel pivot dan lembar kerja baru

6. Sekarang klik ok. Tabel pivot baru telah dibuat di lembar kerja.

Proses pembuatan tabel pivot

7. Anda dapat melihat bidang yang dipilih di sisi kanan lembar kerja Anda.

Daftar Bidang di tabel pivot

8. Pada langkah berikutnya, Anda harus mengklik dan seret Kolom pertama dalam bagian baris. Di sini, Anda harus menentukan tampilan data Anda.

Jumlah pinjaman di tabel pivot

9. Akhirnya, Anda dapat mengulangi prosedur yang sama untuk semua kolom lainnya. Dan data akan diatur sesuai keinginan Anda.

Gambar Kolom tabel pivot

Alternatif Terbaik - WPS Office

Anda dapat membuat tabel data menggunakan lembar kerja WPS di dalam WPS Office. Di bawah ini, Anda akan mempelajari tentang penggunaan lembar kerja WPS. Panduan langkah demi langkah untuk lembar kerja WPS:

1. Langkah pertama adalah membuka lembar kerja WPS dan kemudian mengklik dokumen kosong.

Gambar Kolom tabel pivot

2. Langkah kedua adalah memasukkan data ke dalam sel-sel, yang berupa baris dan kolom. Pastikan sel-sel diisi dengan nilai atau atribut yang akurat.

Mengisi sel-sel

3. Langkah selanjutnya adalah memilih Rentang sel yang dapat mencakup semua data Anda.

Mencakup semua data di sel-sel

4. Pada langkah berikutnya, Anda harus pergi ke menu bar, di mana Anda harus mengklik tab "Data" dan kemudian "Tabel Data." Ini akan membuka kotak dialog "Buat Tabel".

Klik pada buat tabel

5. Pastikan rentang data ditampilkan dengan benar dalam opsi Rentang input di buat tabel..

Data dalam opsi rentang

6. Pada langkah berikutnya, centang "Tabel saya memiliki header" jika data Anda mencakup header Kolom. Lembar kerja WPS akan memperlakukan baris pertama sebagai header tabel data Anda.

Centang 'Tabel Saya Memiliki Header

7. Selanjutnya, pilih opsi yang diinginkan, seperti penyaringan, pengurutan, atau total.

Centang 'Tabel Saya Memiliki Header

8. Pada langkah kedelapan, Anda harus menempatkan lembar kerja Anda. Anda dapat menempatkan lembar kerja sebagai lembar kerja baru atau menempatkannya dengan lembar kerja yang sudah ada.

Dua tabel dalam lembar kerja yang sama

9. Pada langkah terakhir, klik tombol ok untuk membuat tabel data Anda. Dengan cara ini, lembar kerja WPS akan menghasilkan tabel data yang diinginkan dengan efisien.

kotak buat tabel tombol ok

Ketika Anda menggunakan lembar kerja WPS, Anda mengetahui bahwa ada berbagai cara untuk membuat tabel data di dalam lembar kerja tersebut. Lembar kerja menyediakan alat-alat untuk membuat tabel data Anda dengan cepat. Alat-alat tersebut meliputi pengurutan, penyaringan, dan perhitungan..

Anda dapat mengatur dan memanipulasi data Anda dengan efisien melalui fitur-fitur ini pada lembar kerja. WPS memiliki fitur penulis, lembar kerja, presentasi, dan PDF. WPS memiliki antarmuka yang ramah pengguna dengan banyak alat untuk berbagai jenis pekerjaan.

Selain itu, WPS juga memiliki fitur-fitur seperti berbagi dokumen, templat dokumen, alat pemformatan, dan gaya. Demikian pula, WPS memiliki opsi penyimpanan cloud untuk menyimpan data Anda, dan Anda dapat mengakses data Anda dari mana saja dan dari perangkat apa pun. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan Excel, Anda dapat mengunjungi WPS Office.

FAQs

Q1. Bagaimana cara memberi nama tabel di Excel online?

Memberi nama tabel adalah salah satu keterampilan penting yang tidak diketahui oleh banyak pengguna Excel. Pertama, Anda harus tahu bahwa tabel Excel menyoroti konten penting dalam lembar kerja. Secara default, nama tabel diberikan sebagai Tabel 1, Tabel 2, dll., dan Anda harus mengubah nama tabel sesuai dengan konten utama Anda. Anda harus mengikuti beberapa langkah sederhana untuk memberi nama tabel di Excel.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada tabel yang ingin Anda beri nama.

  2. Buka desain tabel.

  3. Masukkan nama yang diinginkan untuk tabel Anda.

Nama yang diinginkan untuk tabel Anda

Q2. Bagaimana cara menambahkan tabel di sel Excel?

Jika Anda ingin membuat tabel Excel dari daftar data, Anda dapat menggunakan perintah tabel. Anda dapat mengatur dan mengatur data Anda dengan menggunakan berbagai fungsi yang terdapat dalam tabel.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menambahkan tabel di sel Excel.

1. Pilih sel dari kumpulan sel data Anda.

2. Klik tombol tabel di tab sisipkan.

3. Anda akan melihat bahwa semua data otomatis terpilih ketika kotak dialog buat tabel dimuat. Kemudian klik ok.

Buat tabel

4. Dengan demikian, sel Excel akan menghasilkan tabel dari data Anda secara keseluruhan.

Tabel nyata dari tabel asli

Q3. Cara memeriksa apakah nilai ada dalam daftar di Excel (3 metode mudah)

Ketika menangani data kecil, Anda dapat secara manual memeriksa nilai data Anda. Di sisi lain, jika data Anda dalam jumlah besar, Anda tidak dapat secara manual memeriksa nilai data Anda. Untuk tujuan ini, Anda perlu mengikuti beberapa langkah penting untuk memastikan nilai-nilai dalam data Anda.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Anda harus membuka lembar kerja WPS untuk memeriksa nilai-nilai dalam daftar data Anda.

  2. Kemudian, Anda harus mengklik sel tempat Anda ingin memeriksa nilai-nilai dalam daftar data. Ketik "=COUNTIF" dan kemudian tekan tab.

  3. Pada langkah berikutnya, masukkan dua parameter dalam fungsi COUNTIF Anda. Dua parameter tersebut adalah Rentang dan kriteria. Untuk memeriksa nilai-nilai, Anda dapat menggunakan parameter Rentang. Dan Kriteria adalah untuk memasukkan nilai dalam tanda kutip terbalik.

COUNTIF untuk mengetahui nilai yang hilang

Ringkasan

Dalam blog ini, Anda belajar cara membuat tabel data di Excel. Anda belajar membuat tabel sederhana, kompleks, dan dengan kategori ganda di Excel. Anda perlu tahu bahwa Anda dapat mengatur dan memanipulasi data Anda setelah menggunakan fitur-fitur unik dari WPS Office.

Selain itu, Anda dapat menyimpan dan mengakses data Anda kapan saja melalui WPS Office. Penanganan manual data Anda berkurang setelah menggunakan WPS Office. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola data bisnis dan akuntansi Anda sehingga Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan lancar.

Anda dapat menggunakan WPS Office untuk membuat segala hal mulai dari lembar kerja, dokumen, presentasi, hingga PDF. WPS Office dapat digunakan di Android, iOS, Linux, Mac, dan Windows secara gratis. Instal WPS Office sekarang agar Anda dapat memenuhi kebutuhan dokumentasi Anda dengan lebih baik.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.