Katalog

Bagaimana Mengedit PDF di Google Drive (Langkah demi Langkah)

Juni 16, 2023 1.3K views

Dokumen PDF menawarkan keamanan yang luar biasa dengan format yang sangat baik. Namun, mencari editor PDF gratis online adalah tugas yang melelahkan.

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu Bagaimana Mengedit PDF Menggunakan Editor PDF Google karena panduan komprehensif ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dan lebih, memberikan tips dan trik untuk menggunakan Editor PDF serta menjelaskan fitur-fitur dan manfaatnya.

Apakah Anda seorang siswa, profesional bisnis, atau siapa pun yang secara teratur bekerja dengan PDF, panduan ini akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan Editor PDF.

Bagian 1: Bisakah Saya Mengedit PDF di Editor PDF Google?

Google Drive adalah alat yang sangat baik digunakan untuk penyimpanan dan sinkronisasi. Selain fungsi intinya untuk berbagi file, kamu juga dapat menggunakannya sebagai editor PDF gratis secara online. Ini sangat mudah digunakan dan memungkinkan kamu untuk mengedit PDF di Google Docs dan mengunduh file sebagai dokumen PDF.

Google Docs adalah paket produktivitas berbasis awan yang gratis dengan perangkat lunak pemrosesan kata yang dapat kamu gunakan pada perangkat apa pun dengan ID Gmail. Aplikasi ini memiliki fitur yang kuat dan kompatibel dengan semua aplikasi Google. Fitur-fiturnya mencakup pengeditan kolaboratif, penyimpanan awan, template bawaan, riwayat revisi, pengetikan suara, dan akses offline.

Bagian 2: Cara Mengedit PDF di Google Drive

Ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk belajar cara mengedit dokumen PDF menggunakan Google Drive.

1. Akses Google Drive di browser web kamu dan masuk ke akun Google kamu.

2. Klik ikon "+" untuk mengunggah file PDF kamu ke Google Drive, atau cukup seret dan lepaskan file PDF tersebut.

Google PDF editor

3. Tunggu sampai file Anda diunggah ke Drive.

4. Setelah itu, klik kanan pada file PDF dan pilih Buka dengan Google Docs dari menu tarik-turun.

Cara mengedit PDF menggunakan Google Drive

5. Akan terbuka tab baru di peramban web kamu, yang memungkinkan kamu mengedit dokumen PDF kamu di Google Docs.

6. Kamu dapat menemukan berbagai opsi pengeditan seperti pengeditan teks, mengonversi file, dan mencetak file yang telah kamu edit.

cara mengedit PDF di Google Docs

7. Setelah kamu mengedit file PDF kamu, kamu dapat membagikannya dengan rekan kerja untuk bekerja secara kolaboratif. Klik tombol Bagikan, dan itu akan memberikanmu berbagai opsi untuk membagikan dokumen PDF tersebut.

mengedit PDF di Google Docs

8. Kamu dapat membagikannya dengan menambahkan email atau grup ke alamat tersebut. Selain itu, kamu dapat menyalin tautan dan membagikannya melalui sumber apapun. Google Docs memungkinkan kamu untuk menyesuaikan akses dokumen kamu.

9. Setelah selesai mengedit, klik pada Menu File, gulir ke bawah hingga Temukan Unduh, dan pilih PDF. Dengan cara ini, kamu akan mengunduh dokumen PDF yang baru diedit.

mengunduh PDF yang telah diedit di Google Docs

10. Kamu dapat membagikan PDF yang telah diedit dengan mengklik tombol Bagikan. Ada berbagai pilihan yang memungkinkanmu menyesuaikan cara membagikan. Tambahkan email atau grup atau salin tautan dan bagikan melalui media apapun.

membagikan PDF yang telah diedit di Google Drive

Bagian 3: Tips dan Trik untuk Mengedit PDF dengan Editor PDF Google

Mengedit file PDF bisa menjadi mudah jika kamu tahu trik pintas dan cara menggunakan template yang disediakan.

Trik Pintas Keyboard untuk Mengedit dengan Lebih Cepat

Menggunakan trik pintas keyboard daripada menggerakkan kursor mouse dapat menghemat banyak waktu saat mengedit dokumen PDF. Berikut adalah trik pintas yang akan mempermudah pekerjaanmu saat mengedit PDF dengan Google Docs.

Tombol Pintasan

Fungsi

CTRL +C & CTRL +V

Salin & Tempel gambar dan teks

CTRL+X & CTRL +Shift+V

Potong & Tempel tanpa format

CTRL + F

Cari kata-kata tertentu

CTRL + Z

Batalkan tindakan

CTRL + Y

Lakukan kembali tindakan

Menggunakan Template Bawaan untuk Pembuatan Dokumen Lebih Cepat

Google Docs menyediakan berbagai template yang dapat kamu pilih untuk membuat dokumen yang lebih profesional dalam waktu singkat. Berikut cara mengakses template-template tersebut.

1. Klik pada Menu File dan Pilih Buat Dokumen Baru, lalu pilih "Dari Galeri Template," seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

cara mengedit PDF di Google Docs menggunakan template bawaan

2. Hal ini akan membawamu ke halaman lain yang berisi puluhan template yang telah ditentukan sebelumnya. Pilihlah template yang kamu suka dengan hanya mengkliknya.

Template Google Docs untuk PDF

3. Sekarang, kamu dapat mulai mengedit template dengan kontenmu sendiri, dan ini adalah cara mudah untuk membuat dokumen profesional tanpa usaha yang berlebihan.

editor PDF gratis Google Drive

Tips Kolaborasi untuk Menggunakan Editor PDF Google

Salah satu fitur terbaik dari Google Docs adalah mekanisme Kolaborasi di mana kamu dapat bekerja dengan efisien bersama orang lain pada sebuah dokumen untuk meningkatkan produktivitas.

1. Mudah untuk membagikan dokumen dengan rekan kerja, teman, dan keluarga kamu dengan mengklik tombol Bagikan.

2. Dengan menggunakan Mode Saran, kamu dapat mengubah dokumen yang kemudian dapat diterima atau ditolak. Untuk mengakses Mode Saran, klik tombol di bawah tombol Bagikan.

Mode saran Google Docs

3. You can Kamu juga dapat menggunakan komentar dan anotasi untuk memberikan umpan balik dan saran. Untuk menambahkan komentar, klik tombol "Komentar" di pojok kanan atas layar. Kamu juga dapat melihat komentar dari orang lain di bagian ini.

Tambahkan komentar di Google Drive

4. Fitur Riwayat Revisi sangat praktis untuk melihat dan mengembalikan versi sebelumnya dari dokumen. Klik ikon Jam untuk melihat Riwayat Revisi.

Riwayat revisi Google Docs

Bagian 4: Alternatif Gratis dari Editor PDF Google

Google Drive adalah platform yang luar biasa untuk mengedit dokumen PDF, tetapi ada platform lain yang dapat kamu gunakan sebagai Editor PDF secara online dan offline.

Editor PDF Gratis

Editor PDF Gratis adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengedit dokumen PDF. Kamu dapat mengedit, mengonversi, menambahkan teks, gambar, atau bentuk, mengubah font atau warna, atau mengubah tata letak halaman serta berkolaborasi pada dokumen PDF kamu. Dengan sifat kolaboratif perangkat lunak ini, kamu dapat mengedit dokumen secara bersamaan dengan rekan kerja kamu.

Meskipun aplikasi ini gratis, namun memiliki fitur terbatas seperti tidak dapat menambahkan tanda tangan digital dan tidak dapat menambahkan atau menghapus halaman dari dokumen PDF kamu.

Kelebihan

  • Editor PDF Gratis tidak memerlukan biaya.

  • Menawarkan fitur kolaborasi yang memudahkan bekerja dalam tim.

  • Dengan antarmuka yang ramah pengguna, sangat mudah digunakan.

Kekurangan

  • Memiliki fitur pengeditan yang terbatas dibandingkan dengan perangkat lunak berbayar.

  • Saat mengedit PDF, akan meninggalkan watermark merek pada dokumen dan selama proses pengeditan, akan menampilkan iklan.

WPS Office

WPS Office adalah alat yang kuat yang tersedia sebagai aplikasi desktop dan versi berbasis web. Ini adalah suite produktivitas lengkap yang mencakup pemrosesan kata, lembar kerja, dan perangkat lunak presentasi.

Selain itu, memiliki alat pengedit PDF yang kuat yang memungkinkan kamu mengedit teks, menambah dan menghapus halaman, pengisian formulir, menambahkan anotasi, OCR, perlindungan sandi, konversi PDF, dan menambahkan tanda tangan digital. Perangkat lunak gratis ini dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS.

Kelebihan

  • Kamu dapat mengonversi PDF ke berbagai format lain.

  • Memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

  • Editor PDF dalam WPS Office mendukung penyimpanan cloud.

Kekurangan

Meskipun WPS Office memiliki editor yang kuat, versi gratisnya memiliki fitur terbatas.

Apa Perbedaan Antara WPS Office dan Google Docs?

Google Docs memiliki performa yang baik dalam mengedit PDF secara online. Namun, dibandingkan dengan WPS Office, Google Docs memiliki beberapa keterbatasan. Berikut adalah perbandingan detail antara Google Docs dan WPS Office.

Item

WPS Office

Google Docs

Platform

Windows, Mac, Linux, Android, iOS

Web, Android, iOS

Biaya

Versi dasar gratis

Gratis

Akses Offline

Tersedia dengan Aplikasi Desktop

Akses terbatas dengan ekstensi Chrome

Kolaborasi

Kolaborasi secara real-time

Kolaborasi secara real-time

Template

Beberapa template bawaan

Beberapa template bawaan

Penyimpanan

Penyimpanan awan gratis 1GB

Penyimpanan awan 15GB

Tambahkan-Ons

Beberapa Add-On seperti OCR, Konverter PDF

Beberapa Add-On melalui Chrome Web Store

Aplikasi Seluler

Dukungan Android & iOS

Dukungan Android & iOS

Berdasarkan tabel perbandingan di atas, WPS Office mendukung berbagai platform seperti Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. Sebaliknya, Google Docs tidak mendukung Linux dan macOS.

Selain itu, WPS Office menawarkan fitur tambahan seperti menambahkan header dan footer, OCR, konversi PDF dalam jumlah besar, membagi dan menggabungkan PDF, dan lain-lain. Selain itu, WPS Office memiliki aplikasi desktop, sedangkan Google Docs hanya tersedia secara online. Oleh karena itu, WPS Office merupakan pilihan yang lebih baik untuk pengeditan PDF.

Bagian 5: Cara mengunduh WPS Office

WPS Office memiliki versi berbasis web dan juga aplikasi desktop. Ikuti tutorial di bawah ini untuk mengunduh WPS Office di PC kamu.

1. Kunjungi situs resmi WPS Office "https://www.wps.com/".

2. Terdapat tombol unduh di halaman utama situs web. Klik tombol tersebut.

Anda dapat mengunduh WPS Office, editor PDF gratis, dengan mengklik tombol unduh di situs web resmi WPS Office

3. Ini akan mengunduh file berukuran 5MB, buka file tersebut di PC kamu, dan klik "Install Now". Jangan lupa untuk mencentang kotak persetujuan.

menginstal WPS Office

4. Setelah kamu klik "Install Now", aplikasi akan mulai diunduh.

Editor PDF Gratis di Windows

Bagian 6: Cara Mengedit PDF di WPS Office

Kamu dapat menggunakan editor PDF WPS Office untuk mengubah dokumenmu dengan tiga cara berbeda. Berikut ini semua metode tersebut dijelaskan secara detail.

Menggunakan WPS Online

1. Buka peramban webmu dan kunjungi "pdf.wps.com".

2. Klik PDF to Word.

editor PDF gratis secara online

3. Klik tombol "+" untuk mengunggah file PDF kamu. Tunggu sebentar sampai file diunggah dengan baik.

unggah file PDF ke WPS online

Menggunakan WPS Docs

1. Buka peramban web kamu dan kunjungi "https://sg.docs.wps.com/".

2. Klik Buat Dokumen Baru, lalu pilih "Unggah File." Pilih file PDF kamu dan tunggu hingga selesai diunggah.

bagaimana cara mengedit PDF di WPS Docs

3. Setelah file diunggah, klik pada file tersebut, dan kamu akan dibawa ke jendela lain di mana kamu dapat langsung mulai mengedit file kamu.

4. Terdapat berbagai pilihan pengeditan seperti anotasi di mana kamu dapat menggarisbawahi, mengganti warna teks, atau menambahkan coretan pada teks kamu.

5. Fungsi khusus memungkinkan kamu untuk menambahkan tanda tangan digital ke dokumen PDF kamu.

Editor PDF WPS Office

Aplikasi Desktop WPS

1. Unduh WPS Office di PC kamu, lalu pasang dan jalankan aplikasinya.

2. Klik PDF Edit, kemudian buka dokumen PDF kamu.

cara mengedit PDF di WPS Office desktop

3. Dokumen akan terbuka di tab lain di mana kamu dapat mulai mengedit dokumen tersebut.

Editor PDF WPS Office di desktop

4. Terdapat banyak opsi pengeditan seperti menambahkan header dan footer, menghapus watermark, memisahkan halaman, menambahkan nomor halaman, mengubah latar belakang, memotong halaman, dan menambahkan gambar ke PDF kamu.

5. Setelah selesai mengedit dokumen PDF, klik Ekspor PDF untuk mengekspornya ke format lain seperti Word, PPT, Teks, dan gambar.

Penampil PDF Google

Bagian 8: Pertanyaan Umum tentang Mengedit PDF dengan Google PDF Editor

Apakah saya bisa mengedit dokumen PDF hasil pemindaian di Google Drive?

Dengan bantuan fitur OCR, Anda dapat mengedit PDF hasil pemindaian. Anda perlu mengunduh ekstensi Chrome untuk tujuan ini. Namun, WPS Office memiliki fitur OCR bawaan untuk mengedit dokumen PDF hasil pemindaian.

Apakah mungkin menggabungkan beberapa PDF di Google Drive?

Dengan menggunakan fitur Merge PDF, Anda dapat menggabungkan beberapa PDF di Google Drive. Fitur ini lebih terlihat dan mudah digunakan di WPS Office.

Apakah saya bisa mengedit PDF di Google Drive menggunakan perangkat seluler saya?

Ya, Anda dapat mengedit PDF di perangkat seluler Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh Google Drive di smartphone Anda.

Ringkasan

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan sinkronisasi yang luar biasa yang menawarkan fitur pengeditan PDF dengan bantuan Google Docs. Penggunaannya mudah dan tidak membutuhkan PC canggih. Yang Anda butuhkan hanyalah ID Gmail dan koneksi internet. Mengedit PDF secara online menggunakan Google Docs efisien karena menghemat waktu dan uang karena gratis.

Namun, ada juga alat lain seperti WPS Office yang menawarkan layanan pengeditan PDF dengan fitur yang lebih canggih. Ini tersedia untuk berbagai platform dan memiliki fitur pengeditan lanjutan seperti tanda tangan digital. WPS Office adalah aplikasi hibrida yang dapat Anda gunakan secara online dan offline di PC Anda.

Cobalah Google PDF Converter dan WPS Office, dan Anda akan lebih nyaman dengan WPS Office karena fitur pengeditan yang kuat.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.