Katalog

Cara Memulihkan Dokumen Word yang Tidak Tersimpan di Windows/Mac/Android/iPhone

Juli 31, 2023 3.8K views

Untungnya, Microsoft memahami bahwa pengguna tidak hidup di dunia yang ideal di mana penghapusan tidak disengaja dan pemadaman listrik tidak mungkin dilakukan. Ada jawaban bagaimana memulihkan dokumen Word yang belum disimpan untuk Anda gunakan. Karenanya ia hadir dengan opsi pemulihan otomatis untuk membantu Anda memulihkan file Anda.

Namun, mungkin sulit untuk mencari di lautan file cadangan Word, dan orang bertanya-tanya bagaimana mereka dapat memulihkan file yang diinginkan. Sebelum Anda menyibukkan diri dengan pertanyaan itu, artikel ini ada di sini untuk membantu Anda dalam pencarian Anda.

Memulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan di Windows

Menurut penelitian, lebih dari 74% populasi menggunakan Windows. Namun, itu tidak berarti bahwa Microsoft belum mengatasi masalah kepanikan orang atas file Word mereka yang hilang.

Tidak hanya ada satu alasan yang menyebabkan Anda kehilangan file berharga saat menggunakan Windows. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Situasi mengerikan ini dapat terjadi karena salah satu alasan berikut.

  • Penyimpanan Salah

  • OS Windows Menerjang

  • Penghapusan Tidak Sengaja

Dalam salah satu skenario di atas, bahkan pengguna berpengalaman pun bisa panik karena file yang dihapus. Berikut adalah cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan dan menangani masalah di setiap situasi.

Penyimpanan Salah

Beberapa pengguna, kebanyakan baru menggunakan Word di OS Windows, tidak memiliki kebiasaan menyimpan file mereka dengan benar. Masalah sekecil apa pun, seperti pemadaman listrik atau kerusakan sistem, dapat menyebabkan hilangnya data berharga. Tetapi fitur "Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan" menemukan jawaban bagaimana memulihkan dokumen Word yang belum disimpan.

Langkah 1: Buka Microsoft Word

Antarmuka dokumen default kata Microsoft


Langkah 2: Tekan Tab "File" dengan melihat kiri atas

Langkah 3: Klik pada Menu "Info".

Langkah 4: Tekan "Kelola Dokumen"

Langkah 5: Ketuk Opsi "Pulihkan Dokumen".

Tab Info Microsoft Word


Langkah 6: Simpan Salinan Dokumen Anda yang Belum Disimpan

OS Windows Menerjang

Bahkan dengan mayoritas pengguna di sisinya, OS Windows tidak akan mogok tanpa pemberitahuan apa pun. Akibatnya, dokumen Word bisa hilang dengan sangat mudah. Dalam keadaan seperti itu, pengguna tidak pernah menemukan waktu atau kesempatan untuk menyimpan dokumen mereka dan akan khawatir tentang cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Langkah-langkah ini dapat membantu jika terjadi crash mendadak.

Langkah 1: Buka Microsoft Word

Langkah 2: Ketuk "Opsi" dari "File"

Tab Opsi Microsoft Word


Langkah 3: Cari Tombol "Simpan".

Langkah 4: Temukan "Lokasi File Pulihkan Otomatis"

Tab Simpan Microsoft Word


Langkah 5: Klik "Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan"

Langkah 6: Tempel nama file tidak aman yang diakhiri dengan .asd

Langkah 7: Klik Buka

Penghapusan Tidak Sengaja

Jika Anda telah lama menggunakan Microsoft Word, Anda mungkin pernah mengalami ketakutan menghapus file yang salah secara tidak sengaja. Namun, hanya karena Anda menghapusnya, bukan berarti itu hilang selamanya. Anda dapat memulihkan file Word Anda dengan beberapa langkah mudah.

Langkah 1: Temukan Ikon "Recycle Bin".

Langkah 2: Klik dua kali dan cari file yang dihapus

Langkah 3: Tekan klik kanan pada file


Tempat Sampah Windows


Langkah 4: Pilih "Pulihkan"

Cara Memulihkan File Sementara di Windows

Banyak orang bertanya-tanya apakah mungkin memulihkan file sementara di Windows. Ya, mungkin saja jika Anda belum mengosongkan isi recycle bin Anda. Anda cukup mencari file yang diinginkan di Recycle Bin dan memulihkannya.

Memulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan di Mac

Format Microsoft Word dan keramahan penggunanya adalah umum di antara pengguna semua sistem operasi. Bahkan selain kehadiran Halaman, banyak pengguna masih memilih untuk menggunakan Office 365 karena universalitas dan kemudahannya. Anda dapat mengurangi rasa takut Anda tentang cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan.

Tentu saja, kebanyakan orang di seluruh dunia lebih suka berkomunikasi dengan DOC atau DOCX, dan ini bisa menjadi masalah besar jika Anda tidak memiliki Microsoft Word. Ketiadaannya dapat mempertaruhkan produktivitas Anda dan menunda banyak hal penting. Banyak orang panik tentang cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan.

Sementara pengguna Mac menyukai Microsoft Word, mereka juga mengalami kehilangan file penting setiap saat. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat memulihkan dokumen Word di Mac dengan mudah dengan langkah yang tepat setelah kehilangan karena alasan berikut.

  • Penghapusan Tidak Sengaja

  • Sampah Dikosongkan

  • Kecelakaan Tak Terduga

  • Fitur Pemulihan Otomatis Hilang

Penghapusan Tidak Sengaja

Tidak jarang mencampur satu file dengan yang lain. Dalam keadaan seperti itu, tidak jarang salah menghapus file. Namun, semua harapan tidak hilang. File yang terhapus secara tidak sengaja adalah yang paling mudah dipulihkan. Langkah-langkah ini dapat membantu.

Langkah 1: Temukan ikon "Sampah" di sudut kiri bawah layar

Desktop Mac


Langkah 2: Temukan file dan klik Kanan

Langkah 3: Tekan "Put Back"

Sampah Dikosongkan

Some Mac users have the habit of emptying their Trash every now and then. It is a Beberapa pengguna Mac memiliki kebiasaan mengosongkan Sampah mereka sesekali. Ini adalah kebiasaan yang tidak berbahaya kecuali Anda

Langkah 1: Buka "Mesin Waktu"

Mesin Waktu Mac


Langkah 2: Temukan dokumen Anda

Langkah 3: Pilih file dan ambil kembali

Kecelakaan Tak Terduga

Setiap orang telah menutup dokumen yang tidak mereka maksudkan, atau terkadang, Mac melakukan trik yang tidak menguntungkan untuk Anda. Kerusakan OS yang tidak terduga adalah hal biasa, dan mereka dapat menutup dokumen Anda sebelum Anda sempat menyimpannya. Anda mungkin panik memikirkan cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Langkah-langkah ini dapat membantu.

Langkah 1: Buka "Finder" di Mac Anda

Opsi Pencari Mac


Langkah 2: Ketik “library>containers>com.microsoft.word>data>library>preferences>autorecovery

Langkah 3: Tekan "Pergi"

Langkah 4: Buka "Auto Recovery Organizer"

Penyelenggara Pemulihan Otomatis Mac


Langkah 5: Ganti nama file dengan ".doc" di akhir

Opsi Ekspor Dokumen Mac


Langkah 6: Buka File

Langkah 7: Gunakan opsi "Simpan sebagai".

Langkah 8: Tekan Simpan

Fitur Pemulihan Otomatis Hilang

Dalam skenario terburuk, Anda mungkin tidak dapat menemukan file Anda di Sampah atau melalui pemulihan otomatis. Ini mungkin tampak seperti akhir dari harapan, tetapi sebenarnya tidak. Masih ada harapan untuk memulihkan dokumen Word Anda yang belum disimpan melalui File Sementara.

Langkah 1: Buka "Finder"

Langkah 2: Buka "Aplikasi" lalu "Utilitas"

Langkah 3: Klik dua kali "Terminal"

Langkah 4: Buka $TMPDIR

Berkas Sementara Mac


Langkah 5: Temukan dokumen “Item Sementara

Langkah 6: Cari file Anda dan buka dengan Microsoft Word

Langkah 7: Simpan file dengan nama yang Anda inginkan

Perlu untuk Versi Lama

Terkadang, Anda mungkin secara tidak sengaja menyimpan versi dokumen yang mungkin membuat Anda panik. Lagi pula, mudah untuk gagal memulihkan bentuk lama dokumen Anda. Namun, bukan tidak mungkin memikirkan cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Beberapa langkah sederhana dapat membantu Anda dalam perjalanan.

Langkah 1: Buka Dokumen Word

Langkah 2: Pilih "Jelajahi Riwayat Versi"

Opsi File Mac


Langkah 3: Lihat kolom sebelah kanan dan lihat “Riwayat versi

Langkah 4: Klik "Buka Versi" untuk membuka salinan

Langkah 5: Klik "Pulihkan"

Opsi Pemulihan Dokumen Mac


Cara Memulihkan File Sementara di Mac

Mac OS menyimpan banyak folder sementara yang berisi file sementara karena berbagai alasan. Meskipun folder sementara ini biasanya tidak dimaksudkan untuk digunakan, Anda mungkin memerlukan akses ke file ini untuk memulihkan Dokumen Word yang hilang. Penting untuk memikirkan cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan.

Anda dapat mengakses file sementara di Mac dengan mencapai /tmp dan menemukan data Anda di antara kumpulan konten dan cache. Di sini, Anda dapat menemukan banyak file yang mungkin telah terhapus secara tidak sengaja dari folder Anda dan Dibuang untuk sementara waktu.

Memulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan di Android

Perangkat Android telah membuat kehidupan sehari-hari jauh lebih mudah. Semua yang ingin Anda akses hanya dengan sekali klik. Banyak orang menggunakan perangkat Android untuk mengakses dokumen Microsoft Word mereka. Sayangnya, file-file ini juga mudah hilang.

Tentu saja, Anda dapat mengingat file jika telah dicadangkan oleh server cloud. Namun, tidak semua orang cukup beruntung untuk kemewahan itu. Ada banyak alasan mengapa file Anda mungkin tidak dicadangkan oleh server cloud Anda. Itu bisa membuat banyak kepanikan. Berikut adalah beberapa alasan umum hilangnya file Word di Android.

  • Penghapusan Tidak Sengaja

  • Kerusakan Sistem

Penghapusan Tidak Sengaja

Perangkat Android tidak memiliki Trash atau Recycle Bin tradisional. Namun, ada beberapa cara di mana Perangkat Android menawarkan beberapa opsi pencadangan untuk menawarkan keamanan data di perangkat Android. Google Drive Anda adalah salah satu fasilitas luar biasa. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda memulihkan dokumen Word Anda.

Langkah 1: Buka "Google Drive" Anda

Langkah 2: Anda mencari “Trash Bin

Sampah Google Drive


Langkah 3: Temukan file yang Anda inginkan

Langkah 4: Klik "Pulihkan"

Kerusakan Sistem

Keadaan tidak selalu yang terbaik. Sistem crash yang tiba-tiba bukanlah kejutan di perangkat Android. Dalam kasus seperti itu, banyak orang tidak dapat mengambil langkah yang tepat dan menyimpan dokumen mereka tepat waktu. Sebelum Anda takut, inilah cara Anda dapat mengambil file yang belum disimpan di Android.

Langkah 1: Ketuk "Manajer File"

Layar Utama Android


Langkah 2: Akses dokumen Anda

Langkah 3: Temukan File Anda

Langkah 4: Temukan File dan Pulihkan

Cara Memulihkan File Sementara di Android

Sangat mudah untuk memulihkan file yang terhapus sementara atau tidak disimpan di Android. Namun, banyak orang menghapus cache mereka dari waktu ke waktu atau membiarkan aplikasi pembersih telepon melakukannya. Namun, jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan file temp Anda di folder "File" dan memulihkannya dengan mudah.

Memulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan di iPhone

Dokumen Word digunakan dan dipertukarkan oleh jutaan orang setiap hari. Banyak dari orang-orang ini juga pengguna iPhone dan sering berpikir bagaimana memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Anda mungkin keliru lupa untuk menyimpan file Word Anda dan kehilangan banyak kemajuan dalam beberapa detik. Ini bisa menjadi perasaan yang mengerikan.

Hal terbaik untuk dilakukan dalam keadaan seperti itu adalah memastikan perangkat iOS dan aplikasi Word Anda diperbarui. Dalam hal ini, file Anda mungkin disimpan di OneDrive. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab kerugian Anda.

  • Dokumen Belum Disimpan

Dokumen Belum Disimpan

Dokumen Belum Disimpan

Ada banyak alasan mengapa seseorang lupa menyimpan file Word di iPhone mereka. Ini adalah masalah umum, terutama dengan pengguna Word baru di iPhone. Anda mungkin merasa bahwa file Anda hilang selamanya. Namun, proses pemulihannya mudah dengan OneDrive.

Langkah 1: Kunjungi situs web OneDrive

Langkah 2: Pilih “Recycle Bin

Langkah 3: Temukan file Anda

Langkah 4: Pilih "Pulihkan"

Tempat Sampah OneDrive


Cara Memulihkan File Sementara di iPhone

Untungnya bagi pengguna iPhone, sebagian besar aplikasi dilengkapi dengan folder "baru saja dihapus". Opsi ini dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus dalam waktu 30 hari setelah penghapusan. Anda dapat mengambilnya kembali dengan mudah. Namun, jika file telah dihapus dari ponsel dan iCloud Anda, Anda dapat masuk ke situs web iCloud dan memulihkan file Anda dari opsi lanjutan.

Beberapa Tindakan Pencegahan tentang Penyimpanan File

Kehilangan file berharga Anda bisa menjadi kehilangan yang tak tergantikan. Anda mungkin kehilangan jam kemajuan dalam beberapa detik. Meskipun cara-cara yang disebutkan di atas dapat membantu Anda memulihkan file Anda, masih ada kemungkinan Anda tidak akan pernah melihat file Anda lagi.

Itulah mengapa yang terbaik adalah berhati-hati untuk menghindari kehilangan nanti dan fokus pada cara memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Ada beberapa teknik yang dapat membantu Anda menjaga keamanan dokumen Word Anda dalam setiap situasi yang tidak terduga. Praktek-praktek ini dapat menyelamatkan Anda dari banyak kerugian besar di masa depan.

Aktifkan Pencadangan selama Pengoperasian

Mengambil cadangan secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda masih dapat mengakses file Anda jika sistem Anda hang atau restart tanpa peringatan. Ini dapat melindungi Anda dari banyak kepanikan dan jam kerja. Lihatlah langkah-langkah ini untuk mengaktifkan pencadangan di Word selama pekerjaan Anda.

Langkah 1: Klik opsi "File" di Word

Langkah 2: Tekan "Opsi"

Langkah 3: Tekan "Lanjutan"

Bagian lanjutan dari Word


Langkah 4: Temukan fitur "Simpan".

Langkah 5: Gunakan pendapat "Selalu buat Cadangan" dan tekan "OK"

Simpan bagian opsi Lanjutan di Word



Aktifkan Mode Simpan Otomatis

Mode simpan otomatis adalah fitur lain dari dokumen Microsoft Word yang mencegah pengguna kehilangan kemajuan berharga mereka. Saat diaktifkan, fitur simpan otomatis menyimpan file Anda setiap beberapa detik saat Anda bekerja, memastikan kemajuan Anda aman. Anda dapat menggunakan langkah-langkah ini untuk mengaktifkan Simpan Otomatis di Microsoft Word.

Langkah 1: Luncurkan "Microsoft Word"

Langkah 2: Klik "File" dan pilih "Open"

Langkah 3: Cari "OneDrive"

Langkah 4: Pilih subfolder yang diinginkan

Simpan File Kata


Langkah 5: Buka file

Alternatif Terbaik untuk Microsoft Office - WPS Office

Bahkan dengan semua solusi yang disebutkan di atas, masalah file yang hilang dengan Microsoft Word terus membahayakan jam kerja bagi banyak orang. Anda dapat memahami perjuangan jika Anda pernah menghadapi situasi seperti itu. Yang terbaik adalah mencari alternatif yang dapat diandalkan dalam keadaan seperti itu.

WPS Office adalah alternatif ideal Anda. Ini kompatibel dengan berbagai platform dan menawarkan banyak alat penting secara gratis. Selain itu, WPS Office juga jauh lebih terjangkau daripada Microsoft Office untuk memenuhi semua kebutuhan produktif dan kreatif Anda.

Langkah-langkah untuk Memulihkan Dokumen Word yang Tidak Tersimpan di Windows/Mac

Langkah 1: Buka perangkat lunak WPS dan klik “Menu

Langkah 2: Gunakan tombol "Kembali dan Pulihkan".

Pencadangan dan pemulihan kata dengan WPS


Langkah 3: Ketuk "Auto Backup"

Langkah 4: Klik "Cadangan Lokal"

Cadangan Lokal di WPS


Langkah 5: Temukan file yang diinginkan dan tekan "Simpan"

Langkah-langkah untuk Memulihkan Dokumen Word yang Tidak Tersimpan di Android/iPhone

Langkah 1: Klik ikon folder

Langkah 2: Cari "Ambil Dokumen" di opsi "Lokasi".

WPS rumah di Android


Langkah 3: Pilih file dan tekan "Simpan"

FAQs

Bisakah saya memulihkan dokumen jika saya menutupnya tanpa menyimpannya?

Tidak jarang orang lupa menyimpan dokumennya dan menutupnya secara tidak sengaja. Namun, orang yang menggunakan fitur Simpan Otomatis menikmati pengalaman tanpa beban saat menggunakan Microsoft Word. Ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan dokumen yang belum disimpan dalam keadaan yang tidak terduga.

Untungnya, fitur Simpan Otomatis diaktifkan di Microsoft Word secara default. Jika fitur dinonaktifkan, Anda masih dapat memulihkan file Word yang diperlukan melalui dokumen terbaru, mengelola versi, atau file sementara di perangkat Anda.

Bisakah saya memulihkan dokumen jika saya menghapusnya?

Tidak jarang orang mencampur satu file dengan file lain secara tidak sengaja dan menghapus versi yang salah. Itu bisa membuatmu panik. Namun, Anda beruntung jika belum mengosongkan Recycle Bin/Trash. Anda dapat dengan mudah mengakses file Anda dari sana.

Anda juga dapat menemukan File Sementara di perangkat Anda untuk menemukan Dokumen Word yang dihapus. Mulailah dengan mencari ekstensi “.asd” atau “.wbd” di file sementara Anda. Di sini, Anda dapat menemukan file yang Anda inginkan dengan menelusuri daftar.

Bisakah saya memulihkan dokumen jika komputer saya mogok saat mengerjakannya?

Anda dapat mengharapkan banyak kerja keras jika komputer Anda mogok selama tugas-tugas penting di Microsoft Word. Begitu ini terjadi, banyak orang kehilangan harapan untuk menemukan kembali dokumen mereka. Namun, jangan menyerah pada harapan dulu.

Anda dapat mengakses file Microsoft Word dari opsi AutoRecover. Opsi ini memungkinkan Anda memutuskan seberapa sering Anda ingin file Anda disimpan. Karenanya, Anda tidak perlu khawatir kehilangan file bahkan jika komputer Anda mogok karena keadaan yang tidak terduga.

Bagaimana Cara Memperbaiki Dokumen Word?

Microsoft Word digunakan secara luas, namun ada beberapa masalah yang terus menghantui pengguna. File yang rusak adalah salah satu masalah yang dapat menghambat pemformatan dan tata letak dokumen Anda dan dapat mengganggu Anda dengan pesan kesalahan. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda memperbaiki file Word yang rusak.

Langkah 1: Klik "File", buka "Buka", lalu "Jelajahi"

Langkah 2: Pilih file dan buka

Langkah 3: Klik "Buka dan Perbaiki"

buka dan perbaiki opsi di Word


Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan dengan WPS Office

Artikel di atas membahas bagaimana Anda dapat menghemat jam kerja agar tidak terbuang sia-sia karena kesalahan atau keadaan yang tidak terduga. Pada saat seperti itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana memulihkan dokumen Word yang belum disimpan. Namun, selalu lebih baik untuk tetap siap menghadapi keadaan terburuk dengan platform yang tepat dan langkah cerdas.

Itu sebabnya WPS Office selalu menjadi rekomendasi pertama bagi pengguna di seluruh dunia. Anda dapat menggunakan WPS Office di Mac dan Windows untuk memanfaatkan fitur terbaik, alat gratis, dan kebahagiaan tanpa beban karena tidak pernah kehilangan dokumen berharga Anda.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.