Katalog

Cara Menyisipkan Daftar Isi dalam Dokumen Word

Juli 3, 2023 4.1K views

Daftar Isi dalam dokumen Word merupakan alat yang sangat berguna yang membantu mengoptimalkan potensi konten tulisan, memastikan navigasi yang lancar, dan meningkatkan pengalaman membaca secara keseluruhan.

Namun, sebagian besar orang tidak tahu tugas-tugas sederhana seperti bagaimana menyisipkan daftar isi di Word.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap kepada Anda tentang cara melakukannya dengan perangkat dan sistem yang tersedia saat ini.

Bagaimana cara menyisipkan daftar isi di Word pada Windows

Menggunakan Microsoft Word dengan baik membutuhkan beberapa keterampilan, dan menyajikan dokumen dengan cara yang menarik secara visual membutuhkan beberapa bagian wajib dalam dokumen seperti daftar isi, kepala halaman, kaki halaman, referensi, dan lainnya.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menjelaskan Bagaimana Menambahkan Daftar Isi di Word pada Windows.

Langkah 1: Buka Microsoft Word di komputer Anda dan letakkan kursor mouse di tempat Anda ingin menambahkan daftar isi.

Langkah 2: Klik tab Referensi, kemudian pilih Daftar Isi dari awal menu. Pilih gaya otomatis.

‘Cara menambahkan daftar isi di Word Windows’


Langkah 3: Ini akan secara otomatis membuat daftar isi. Selain itu, jika Anda ingin membuat perubahan pada dokumen Anda yang mempengaruhi daftar isi, perbarui daftar isi dengan mengklik kanan daftar isi dan memilih Perbarui Field.

Kelebihan

  • Pembaruan otomatis

  • Format yang konsisten

  • Opsi penyesuaian

  • Cara yang efisien

Kekurangan

  • Kontrol terbatas atas opsi formatting

  • Sulit bagi pemula

Cara menyisipkan daftar isi di Word pada Mac

Jika Anda pengguna Mac, Microsoft Word adalah aplikasi penting untuk tugas sehari-hari. Anda perlu meningkatkan kemampuan menggunakan Word dengan membuat dokumen Anda lebih mudah dipahami dengan menambahkan daftar isi.

Berikut adalah metode yang mudah untuk menambahkan daftar isi di Word pada Mac.

Langkah 1: Buka Word pada sistem Mac Anda dan seperti Windows, pindahkan kursor Anda ke tempat di mana Anda ingin membuat daftar isi.

Langkah 2: Klik pada Referensi, kemudian pilih Daftar Isi dan pilih gaya Daftar Isi Otomatis dari daftar.

‘Cara menambahkan daftar isi di Word Mac’


Langkah 3: Daftar isi ini dapat disesuaikan dan Anda dapat mengubah gaya font, bentuk, dan warnanya. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan jumlah tingkat judul.

TIPS PRO: Jangan menggunakan daftar isi manual karena Word tidak akan menggunakan judul-judul Anda untuk membuat daftar isi dan tidak dapat memperbarui secara otomatis.

Cara menambahkan daftar isi di Word pada perangkat seluler

MS Word tidak hanya merupakan aplikasi desktop, tetapi juga tersedia untuk perangkat bergerak seperti Android dan iOS.

Versi smartphone dan desktop memiliki perbedaan dalam hal fitur, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna karena perbedaan kemampuan perangkat dan skenario penggunaan yang berbeda.

Namun, Anda dapat membuat daftar isi baik di iOS maupun Android. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menambahkan daftar isi di Word pada perangkat seluler.

Pada Android

Langkah 1: Unduh Microsoft Office di smartphone Android Anda dari Google PlayStore.

Langkah 2: Buka Microsoft Word di perangkat Anda dan ketuk di tempat Anda ingin membuat daftar isi.

Langkah 3: Kemudian klik Sisipkan dan klik Tabel.

Pada iOS

Langkah 1: Buka Microsoft Word di iPhone Anda.

Langkah 2: Buat dokumen kosong dan kemudian klik di tempat Anda ingin menyisipkannya.

Langkah 3: Kemudian klik ikon edit di Microsoft Word.

‘cara menambahkan daftar isi di Word iOS’


Langkah 4: Ini akan membuka jendela baru dengan beberapa pilihan. Klik pada Beranda.

‘cara menambahkan daftar isi di Word pada iPhone’


Langkah 5: Di menu Beranda, klik Sisipkan, lalu Sisipkan tabel.

‘cara menambahkan daftar isi di Word pada iPad’


Cara Menyisipkan daftar isi di Word menggunakan WPS?

WPS Office adalah perangkat lunak gratis yang mencakup semua kebutuhan kantor secara menyeluruh. Ini adalah perangkat lunak pengolah kata yang kuat dan mudah digunakan yang menawarkan fitur-fitur yang handal untuk membuat dan menyesuaikan Daftar Isi dalam dokumen Anda.

Membuat daftar isi navigasional memungkinkan Anda menyediakan cara yang langsung dan efisien untuk mengatur dan menavigasi konten Anda.

Cara menyisipkan daftar isi dalam dokumen Word?

Karena Microsoft Word dan aplikasi pengolah kata dari WPS Office hampir sama, proses membuat daftar isi juga identik. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara menambahkan daftar isi di Word dalam WPS Office.

Langkah 1: Buka dokumen kosong di WPS Officer Anda.

Langkah 2: Klik di area tempat Anda ingin membuat daftar isi. Pergi ke tab Referensi, kemudian klik menu Daftar Isi.

‘cara menambahkan daftar isi di WPS Office’


Langkah 3: Anda dapat memilih antara jenis daftar isi karena ada tiga gaya yang berbeda, termasuk judul Level 1, Level 2, dan Level 3.

Langkah 4: Setelah memilih gaya yang diinginkan, klik padanya dan maka Anda akan memiliki daftar isi yang ditambahkan ke dokumen Word Anda.

‘daftar isi di Word ’


Bagaimana Mengkustomisasi Daftar Isi?

Daftar isi default adalah daftar isi yang sederhana namun mengesankan. Tetapi jika Anda ingin mengkustomisasi daftar isi, sangat mudah untuk melakukannya dalam pengolah kata WPS Office.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengkustomisasi daftar isi Anda.

Langkah 1: Setelah menambahkan daftar, klik kembali pada Daftar Isi di tab Referensi, dan dalam menu dropdown, klik Sisipkan Daftar Isi.

‘cara menambahkan daftar isi di WPS Office’


Langkah 2: Di sana, Anda dapat melihat beberapa opsi kustomisasi seperti mengubah gaya Tab Leader. Ini juga memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat yang ditampilkan sesuai keinginan. Begitu Anda membuat perubahan, semua perubahan ini akan terlihat dalam Tampilan Cetak.

‘cara mengubah daftar isi di Word Windows’


Langkah 3: Jika Anda mengklik Opsi, itu akan memberikan Anda opsi tambahan untuk mengkustomisasi daftar isi seperti mengubah gaya judul saat menampilkan tingkat Daftar Isi.

‘cara mengedit daftar isi di Word di Windows’


Mengapa Memilih WPS?

WPS Office adalah perangkat lunak pengolah kata yang terkenal dan merupakan alternatif yang sangat baik untuk MS Word dengan berbagai keunggulan yang tak terbantahkan. Beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

Kompatibilitas

WPS Office kompatibel terbalik dengan berbagai format MS Word, termasuk ".doc" dan ".docx", dan memungkinkan Anda membuka, mengedit, dan menyimpan file dalam format tersebut.

Integrasi Cloud

WPS Office terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive, serta memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, dan menyinkronkan dokumen mereka di berbagai perangkat, memastikan fleksibilitas dan aksesibilitas.

Ringan dan Cepat

Berbeda dengan MS Word, WPS Office dikenal karena waktu muat yang cepat dan responsif. Perangkat lunak ini relatif ringan dibandingkan dengan beberapa paket perkantoran lainnya, mengonsumsi sumber daya sistem yang lebih sedikit, dan memberikan pengalaman pengguna yang lancar.

Kolaborasi

WPS Office mendukung kolaborasi waktu nyata yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan. Selain itu, pengguna dapat melacak perubahan, meninggalkan komentar, dan dengan mudah membagikan dokumen, meningkatkan produktivitas dan kerja tim.

Dukungan Cross Platform

Prosesor Kata WPS tersedia untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengedit dokumen mereka di berbagai perangkat dengan lancar.

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Apakah saya bisa menambahkan daftar isi ke dalam dokumen yang sudah ada?

Ya, Anda dapat menambahkan daftar isi ke dalam dokumen yang sudah ada di WPS Office Word.

Letakkan kursor pada lokasi di dokumen Anda di mana Anda ingin menambahkan daftar isi, lalu pergi ke tab "Referensi" di bilah alat. Kemudian klik tombol "Daftar Isi" dan pilih gaya yang diinginkan untuk daftar isi Anda.

2. Bagaimana cara mengubah tampilan daftar isi?

Untuk mengubah tampilan daftar isi di Word, pilih daftar isi di dokumen Anda, lalu pergi ke tab "Referensi" di bilah alat.

Klik tombol "Daftar Isi" dan pilih "Daftar Isi Kustom" dari menu dropdown. Anda dapat mengubah opsi format, seperti jenis huruf, ukuran, gaya, indentasi, dan penjajaran. Klik tombol OK untuk menerapkan perubahan.

3. Apakah mungkin menambahkan subjudul ke dalam daftar isi?

Ya, mungkin untuk menambahkan subjudul ke dalam daftar isi di Word. Di dokumen Anda, formatlah subjudul menggunakan gaya judul yang sesuai.

Kemudian perbarui daftar isi dengan memilihnya dan mengklik opsi "Perbarui Daftar" atau dengan mengklik kanan pada daftar dan memilih opsi "Perbarui Lapangan".

4. Apa yang harus saya lakukan jika daftar isi tidak diperbarui secara otomatis?

Jika daftar isi Anda tidak diperbarui secara otomatis, pilih daftar isi di dokumen Anda dan pergi ke tab "Referensi". Pilih tombol "Daftar Isi" dan pilih "Perbarui Daftar" dari menu dropdown. Jika diminta, pilih opsi untuk memperbarui seluruh daftar.

Ringkasan

Menggunakan Microsoft Word seperti seorang profesional membutuhkan beberapa keterampilan yang akan membuat dokumen Anda menjadi lebih menonjol di antara yang lain. Pemformatan yang tepat, penomoran halaman, judul yang logis dengan subjudul, dan daftar isi yang komprehensif membuat dokumen lebih ringkas dan menarik secara visual. Tutorial ini telah menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi di Word menggunakan platform yang berbeda, dan ini adalah proses yang mudah.

Jika Anda tidak memiliki Microsoft Word di PC Anda, Anda dapat mencoba WPS Office yang merupakan alternatif gratis untuk Microsoft Word. WPS Office memiliki prosesor Word yang kuat dengan fitur lengkap dan kompatibel dengan Microsoft Word juga. WPS Office lebih ringan secara relatif dan sangat cepat untuk membantu Anda dalam menangani dokumen sebesar apa pun.

Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.