Katalog

Panduan Utama untuk Template Kartu Waktu: Mempermudah Proses Pelacakan Waktu Anda

Juli 31, 2023 898 views

Pengusaha menggunakan kartu waktu untuk melacak jumlah jam kerja karyawan mereka. Dibandingkan dengan catatan kertas, template kartu waktu didukung oleh Windows, MAC, dan Android, yang menawarkan lebih banyak kenyamanan.

Masalahnya adalah bagaimana seseorang mencari template kartu waktu yang tepat dan mengunduhnya dalam format yang diperlukan?

Anda dapat menemukan semua solusi untuk pertanyaan-pertanyaan ini di toko template WPS. Toko template WPS menawarkan template kartu waktu yang luar biasa, praktis, dan gratis. Pengguna WPS Office juga dapat membuat template kartu waktu mereka sendiri.

10 Template Kalender Excel Terbaik Gratis untuk Diunduh

1.Kalkulator Jam Kerja Lebih

dua laki-laki bekerja

Lembur terjadi ketika karyawan bekerja melebihi jam kerja reguler yang ditentukan.

Template kartu waktu ini menggunakan waktu untuk melacak produktivitas karyawan dengan menghitung berapa banyak lembur yang terjadi selama periode tertentu. Template kartu waktu ini membantu merekam otomatis waktu masuk dan waktu pulang seluruh tenaga kerja perusahaan.

Kalkulator lembur karyawan membantu pengusaha dan karyawan menilai dengan akurat lembur yang harus dibayarkan dan dengan tarif jam berapa. Perhitungan otomatis dapat mempercepat dan mengoptimalkan manajemen penggajian.

2.Lembar Waktu Blok Warna

tampilan lembar waktu blok warna

Template kartu waktu ini menggunakan kode warna untuk melacak hari libur karyawan dan hari-hari mereka hadir. Anda dapat memberi kode warna pada cuti yang disetujui pada hari-hari kalender di mana karyawan tidak hadir.

Dalam template kartu waktu ini, warna hijau menunjukkan kehadiran karyawan di tempat kerja. Di sisi lain, blok warna merah menunjukkan hari libur mereka. Warna biru menunjukkan hari karyawan meminta cuti.

Blok warna pada kartu waktu dapat membantu administrasi menyederhanakan pengendalian kehadiran.

3.Kartu Pukulan Bisnis Sederhana

tampilan lembar waktu blok warna

Template kartu waktu ini menyediakan cap waktu yang efektif bagi manajer dan karyawan.

Template kartu pukulan bisnis sederhana memungkinkan pelacakan realistis kapan karyawan mulai bekerja, menelepon sakit, dan pulang pada akhir shift kerja mereka.

Template kartu waktu ini efektif bagi karyawan untuk melacak jam kerja - hingga menit terakhir. Kartu pukulan bisnis membuat seluruh proses pelacakan waktu menjadi lebih mudah, memungkinkan catatan yang lebih aman dan akurat.

4.Kalkulator Kartu Waktu

tampilan kalkulator kartu waktu mingguan

Anda dapat menggunakan kalkulator kartu waktu ini untuk mengukur tingkat produktivitas karyawan dengan efisien. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan dan menyederhanakan proses administrasi Anda.

Dengan menggunakan template kartu waktu mingguan ini, Anda dapat mengukur dengan akurat waktu masuk dan keluar tenaga kerja. Anda dapat menyebutkan opsi lembur mingguan dan harian sebagai indikator aturan lembur kepada karyawan.

Dengan menggunakan template kartu waktu ini dalam Excel, Anda dapat mengontrol pembulatan untuk menghitung waktu hingga menit.

5.Lembar Kehadiran Karyawan

tampilan lembar kehadiran bulanan untuk karyawan

Template kartu waktu ini adalah lembar kehadiran karyawan yang sangat baik yang akan memungkinkan Anda melacak semua data terkait kehadiran karyawan, termasuk kehadiran, cuti, libur, keterlambatan, dan izin tanpa pemberitahuan.

Anda dapat melihat lembar kehadiran karyawan sebagai alat pelacak kehadiran Excel yang akan membantu pengusaha dan manajemen melihat absensi dan izin tanpa alasan.

Mudah digunakan - Anda dapat menambahkan nama, ID karyawan, dan departemen yang ditentukan di kolom yang sesuai. Kartu waktu ini juga mencakup blok warna yang memungkinkan Anda melihat performa keseluruhan karyawan.

6.Rekam Kehadiran Karyawan

tampilan rekam kehadiran bulanan

Template kartu waktu ini adalah cara yang efektif untuk menjaga rekam kehadiran karyawan.

Kartu waktu ini memiliki tata letak sederhana yang memungkinkan Anda secara rutin mencatat kehadiran karyawan Anda, yang kemudian akan membantu Anda menghitung jumlah hari libur, kehadiran, terlambat, izin tanpa pemberitahuan, dll.

Karena rekam kehadiran juga menghitung lembur, ini adalah cara yang efektif untuk mengontrol dan mengelola penggajian gaji setiap karyawan. Lembar rekam kehadiran bulanan adalah cara yang efisien dan akurat untuk pencatatan data.

7.Kalkulator Tingkat Absensi Karyawan

tampilan lembar tingkat absensi karyawan

Dengan menggunakan template kartu waktu ini, Anda dapat menghitung dengan akurat persentase ketidakhadiran bulanan dan tahunan perusahaan Anda. Template kalkulator tingkat absensi karyawan ini adalah template Excel yang sederhana namun mudah digunakan dan siap pakai.

Lembar tingkat absensi adalah Metrik SDM yang dapat membantu manajemen dan pengusaha memahami tingkat pergantian karyawan dan biaya pergantian. Menghitung data ini penting untuk menilai metrik retensi karyawan.

Dengan menggunakan template ini, Anda perlu memasukkan rincian berikut:

  • Jumlah karyawan

  • Hari kerja

  • Rata-rata hari kerja

  • Hari hilang

Setelah memberikan rincian ini, Anda akan mendapatkan rata-rata tingkat absensi yang dihitung.

8.Lembar Waktu Karyawan Mingguan

tampilan lembar waktu mingguan untuk karyawan

Template kartu waktu ini adalah lembar waktu mingguan yang ideal yang dapat Anda gunakan di Excel untuk mencatat kehadiran harian setiap karyawan. Ini juga menghitung lembur bersama dengan cuti sakit mingguan, cuti libur, cuti tanpa gaji, dan cuti lainnya.

Anda dapat menggunakan lembar waktu mingguan ini untuk menentukan apakah karyawan hadir pada hari kerja selama seminggu. Lembar kehadiran karyawan mingguan ini ideal untuk perusahaan dengan siklus penagihan mingguan.

Anda dapat melihat kinerja mingguan setiap karyawan selama seminggu.

9.Formulir Check-In Kehadiran Karyawan

tampilan formulir check-in kehadiran karyawan

Dengan template kartu waktu ini, manajemen akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk penggajian.

Formulir check-in kehadiran sederhana ini akan secara akurat mencatat waktu check-in dan check-out semua karyawan, yang akan efektif dalam memproses waktu kerja karyawan setiap hari, minggu, dan bulan.

Formulir check-in kehadiran karyawan ini akan membantu Anda menghemat hingga 70% waktu Anda saat menghitung penggajian bulanan. Lembar waktu ini pasti akan mencegah kesalahan manusia dalam mencatat data.

10.Lembar Kehadiran Sederhana dan Berguna

tampilan lembar kehadiran sederhana dan berguna

Jika Anda ingin menjaga hal-hal tetap sederhana dan tidak rumit, Anda dapat sangat menguntungkan dari template kartu waktu sederhana namun berguna ini untuk mencatat kehadiran karyawan Anda. Dengan menggunakan template lembar kehadiran sederhana ini, Anda dapat mencatat cuti sakit, cuti dibayar, hari libur, dll., untuk setiap karyawan dengan mudah.

Anda juga dapat mengintegrasikan blok warna untuk melihat ketidakhadiran dan cuti yang tidak disetujui tanpa banyak usaha. Pada akhir setiap minggu atau bulan, Anda dapat dengan mudah dan akurat menghitung penggajian.

Mengapa Kita Membutuhkan Template Kartu Waktu

Kita membutuhkan template kartu waktu untuk melacak waktu mulai dan selesai tugas. Ketika datang ke kartu waktu untuk karyawan, ini sangat penting untuk menjaga catatan terperinci tentang produktivitas karyawan, termasuk waktu masuk dan keluar mereka, lembur, hari absen, dan hari hadir.

Dalam hal ini, masalah utama yang dihadapi oleh banyak karyawan dan manajer adalah mereka kesulitan menemukan template kartu waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Template kartu waktu yang disebutkan di atas telah menunjukkan manfaat berikut:

  • Melacak produktivitas karyawan dengan membandingkan waktu yang dihabiskan di tempat kerja dan hasil/ produktivitas mereka.

  • Menghitung gaji dengan akurasi.

  • Mencatat data lama.

  • Mengidentifikasi ketidakhadiran karyawan yang menghabiskan uang perusahaan.

  • Membuat laporan yang akurat tentang jam kerja karyawan dan gaji mingguan/ bulanan mereka.

  • Memproses penggajian dengan efisien.

Menyesuaikan Template Kartu Waktu Anda

Dengan menggunakan langkah-langkah berikut, Anda dapat menyesuaikan template kartu waktu Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

1. Unduh WPS Office

pilihan unduh

2. Pilih template kartu waktu yang Anda inginkan.

contoh template kartu waktu

2. Tambahkan logo perusahaan Anda ke dalam template kartu waktu.

opsi menampilkan nama perusahaan

3. Ketika memformat template kartu waktu, Anda ingin menjaganya sederhana agar operasinya lancar.

tata letak sederhana template kartu waktu

4. Anda ingin menggunakan kode warna untuk melihat catatan kehadiran karyawan dengan mudah.

penggunaan kode warna dalam template

5. Gunakan bidang informasi tambahan untuk memecah tugas-tugas individu dan sertakan dalam kartu waktu.

tab untuk tugas-tugas individu

6. Selesaikan penyesuaian template kartu waktu Anda dengan menyimpannya di Google Docs atau PC Anda.

opsi penyimpanan untuk template kartu waktu

Memilih Template Kartu Waktu yang Tepat untuk Bisnis Anda

Ketika memilih template kartu waktu yang tepat untuk bisnis Anda, Anda akan ingin mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Jumlah Tenaga Kerja Anda - template kartu waktu untuk perusahaan yang lebih kecil dengan sedikit karyawan akan berbeda dengan template kartu waktu untuk perusahaan yang lebih besar dengan lebih banyak karyawan.

  • Frekuensi Periode Penggajian - berbagai template kartu waktu tersedia untuk periode penggajian yang berbeda, seperti mingguan, dua mingguan, dan bulanan.

  • Jenis Pekerjaan - tergantung pada pekerjaan perusahaan Anda, Anda dapat menemukan template yang sesuai dengan periode penggajian terkait pekerjaan dan format lainnya.

  • Persyaratan Hukum - saat memilih template kartu waktu, Anda akan ingin memastikan bahwa sesuai dengan persyaratan hukum mengenai regulasi upah minimum, lembur, dan perhitungan dan pencatatan jam sesuai dengan FLSA (Fair Labor Standards Act).

Pertanyaan Umum tentang Template Kalender Excel

P1. Apakah saya bisa membuat kalender menggunakan template Excel?

J. Ya, bisa. Anda bisa menemukan banyak template kalender yang bisa digunakan di Excel. Template tersebut akan memberikan tata letak dasar yang dapat Anda ubah sesuai kebutuhan Anda.

P2. Bagaimana cara menggunakan template kalender Excel untuk manajemen waktu?

A. J. Untuk menggunakan kalender Excel secara efektif, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan tujuan Anda.

  • Atur prioritas tugas.

  • Jadwalkan waktu Anda.

  • Analisis jadwal Anda.

P3. Bagaimana cara menggunakan kartu waktu (time cards) di Excel?

J. Untuk menggunakan kartu waktu di Excel, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh template kartu waktu yang sesuai.

  • Siapkan lembar kerja waktu di Excel.

  • Masukkan informasi identifikasi di bidang yang relevan.

  • Tambahkan tarif upah di bidang yang sesuai.

  • Tambahkan upah per jam untuk setiap karyawan.

  • Tambahkan tarif upah untuk lembur.

  • Lacak kehadiran dan jam kerja karyawan.

  • Simpan lembar kerja waktu Anda.

Ringkasan

Template kartu waktu gratis dari WPS Office telah disesuaikan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Setelah memilih template yang diinginkan, Anda dapat membuat lembar kerja waktu di Excel tanpa repot membuatnya dari awal.

Dengan menjelajahi template kartu waktu dari WPS Office, Anda akan menemukan template untuk jam harian, mingguan, dan bulanan beserta tabel pendapatan untuk periode pembayaran yang dipilih - berdasarkan tanggal yang Anda sesuaikan.

Cari template kartu waktu yang sesuai dengan menjelajahi berbagai kategori template WPS Office dan unduh yang sesuai dengan kebutuhan Anda di perangkat Anda. WPS Office tersedia untuk Linux, Windows, Mac, dan Android.


Pengalaman industri perkantoran selama 15 tahun, pecinta teknologi, dan penulis iklan. Ikuti saya untuk ulasan produk, perbandingan, dan rekomendasi untuk aplikasi dan perangkat lunak baru.